Asosiasi Tekstil Ungkap Penutupan Sembilan Pabrik Akan Bertambah

Rizky Alika
11 September 2019, 20:53
asosiasi pertekstilan indonesia, pabrik tekstil tutup, tekstil impor
ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI
Ilustrasi industri tekstil. Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) menyebutkan jumlah pabrik tekstil yang bakal tutup akan bertambah.

Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) mengatakan bahwa jumlah pabrik tekstil yang tutup akan bertambah. Sekretaris Jenderal API Ernovian G. Ismy mengatakan, bahwa saat ini pihaknya tengah menginventarisasi pabrik-pabrik yang akan tutup tersebut.

Ia pun mengungkapkan, jumlah pabrik tekstil yang tutup sejak 2017 sudah banyak. Pabrik yang ditutup tersebut meliputi pabrik lokal hingga asing. "Itu akan bertambah (pabrik tekstil yang tutup). Tapi kami masih inventarisir, ada anggota API dan bukan," kata dia di Jakarta, Rabu (11/9).

Advertisement

Pabrik tekstil yang tutup tersebut sebagian besar berada di sektor antara yang memiliki pasar lokal. Hanya saja, API enggan menyebutkan detail perusahaan maupun jumlah penutupan tersebut. Pabrik yang tutup tersebut juga memiliki kondisi yang berbeda-beda. Tiga di antaranya merupakan pabrik di Jabodetabek yang relokasi ke Jawa Tengah.

Ernovian mengatakan, saat ini situasi pesanan pada pabrik tekstil memang tengah sepi. Sementara itu, masih ada masalah pengupahan dan iklim usaha yang belum mendukung.

(Baca: Lawan Gempuran Tekstil Impor, Asosiasi Akan Ajukan Tambahan Bea Masuk)

Meski begitu, ia mengatakan kondisi industri tekstil hilir masih bagus. Namun tanpa dukungan pemerintah, industri hilir akan banyak memesan bahan baku melalui impor. Secara keseluruhan, industri tekstil juga masih tumbuh. "Namun kalau tidak di-support, industri garmen bisa habis," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement