Tiongkok Bebaskan Kenaikan Bea Masuk 16 Produk AS, Trump Tunda Tarif

Agustiyanti
12 September 2019, 13:06
amerika serikat, tiongkok, perang dagang, yuan, dolar
Dilok Klaisataporn/123RF.com
Ilustrasi. AS menunda rencana kenaikan tarif baru pada produk-produk Tiongkok, tak lama setelah Negara Tembok Raksasa membebaskan kenaikan tarif 16 produk mereka.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memutuskan untuk menunda kenaikan tarif impor pada barang-barang Tiongkok senilai US$ 250 miliar yang semula berlaku pada 1 Oktober menjadi 15 Oktober 2019.

Penundaan tarif diumumkan usai Tiongkok memutuskan untuk mengecualikan 16 produk AS dari rencana kenaikan kenaikan bea masuk. Beberapa produk yang dikecualikan, antara lain obat anti kanker, pelumas, serta bahan pakan ternak.

Advertisement

"Atas permintaan Perdana Menteri Liu He dan perayaan ulang tahun Tiongkok Liu He ke-70 tahun, kami sepakat atas dasar niat baik, untuk menunda kenaikan tarif pada US$ 250 miliar pada barang-barang Tiongkok (25% ke 30%) dari 1 Oktober ke 15 Oktober," ujar Trump dalam akun Twitter-nya, Rabu (11/9) waktu AS.

(Baca: Tensi Perang Dagang AS-Tiongkok Turun, Rupiah Dibuka Menguat)

Dikutip dari Reuters, Trump menyebut Tiongkok melakukan sejumlah langkah yang cukup bagus dan menunjukkan niat baik. Ia pun berharap untuk mencapai kesepakatan dagang dengan Tiongkok setelah melakukan perang tarif selama lebih dari setahun terakhir.

Tiongkok sebelumnya memutuskan untuk membebaskan 16 produk AS dari kenaikan bea masuk. Produk-produk tersebut, mencakup obat anti kanker hingga minyak pelumas pada Rabu (11/9).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement