Drone Pemberontak Yaman Serang Kilang Minyak Terbesar Arab Saudi

Agatha Olivia Victoria
15 September 2019, 09:06
drone serang kilang minyak arab saudi, pemberontak houthi serang kilang minyak arab saudi
Katadata
Ilustrasi kilang minyak. Dua kilang minyak milik Arab Saudi diserang drone atau pesawat tanpa awak milik pemberontak Houthi pada Sabtu pagi (15/9) waktu setempat.

Dua kilang minyak milik Arab Saudi mendapat serangan bom melalui drone atau pesawat tanpa awak pada Sabtu pagi (15/9) waktu setempat. Kelompok pemberontak Houthi dari Yaman mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Kebakaran besar kemudian terjadi pada fasilitas kilang minyak terbesar di dunia itu. Akibatnya, produksi minyak Arab Saudi berkurang setengah.

Dilansir dari The Guardian, juru bicara militer pemberontak Houthi Yaman Yahia Sarie mengakui perbuatan kelompoknya. “Pemberontak memang telah mengirim 10 drone untuk menyerang kilang minyak Abqaiq dan lading minyak Khurais,” ujar Sarie, kemarin.

Serangan ini akan bertambah buruk jika perang di Yaman terus berlanjut. Karena itu, ia menegaskan, satu-satunya pilihan bagi pemerintah Saudi adalah berhenti menyerang negaranya.

Sejak Maret 2015, Arab Saudi berperang melawan pemberontak di Yaman. Pemberontak ini didukung oleh Iran dan beberapa wilayah lain di negara termiskin di Arab.

(Baca: Harga Minyak Turun 1% Menyusul Keraguan Kesepakatan Dagang AS-Tiongkok)

Perang tersebut telah memicu krisis kemanusiaan terburuk di dunia. Berdasarkan data Proyek Data Lokasi dan Peristiwa Konflik Bersenjata, lembaga riset di America Serikat (AS), warga Yaman telah di ambang krisis kelaparan dan sudah lebih dari 90 ribu orang terbunuh.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...