Sri Mulyani Optimistis Kenaikan Cukai Rokok Tak Ganggu Target Inflasi

Agustiyanti
17 September 2019, 12:27
sri mulyani
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Menteri Keuangan Sri Mulyani juga menjelaskan melalui kenaikan cukai, pemerintah ingin mengurangi dan mengontrol konsumsi rokok karena berpengaruh kepada kesehatan.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati optimistis tingkat inflasi pada tahun depan tetap terjaga meski pemerintah menaikkan tarif cukai rokok sebesar 23 persen tahun depan. Dalam postur sementara Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020, pemerintah menargetkan inflasi sebesar 3,1%.

"Jadi keseluruhan kami tetap optimis akan sesuai dengan target inflasi untuk tahun depan," kata Sri Mulyani usai melantik pejabat eselon tiga di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta, Selasa.

Advertisement

Ia menjelaskan pemerintah juga akan memastikan daya beli masyarakat tetap terjaga pada tahun depan. Hal ini lantaran pemerintah sudah menyiapkan anggaran perlidungan sosial yang diperuntukkan guna menjaga daya beli masyarakat, terutama golongan miskin.

Dalam RAPBN 2020, pemerintah mengalokasikan anggaran perlindungan sosial mencapai Rp 385,3 triliun, naik dibandingkan proyeksi realisasi tahun ini Rp 369,1 triliun. Anggaran tersebut mencakup program keluarga harapan (PKH), bantuan pangan, program Indonesia Pintar (PIP), program bantuan iuran (PBI) BPJS Kesehatan, dana desa, serta pengeluarkan pembiayaan untuk kredit ultra mikro.

 (Baca: Pengusaha Khawatir kenaikan Cukai Rokok Picu Perdagangan Ilegal)

Tahun depan, pemerintah menargetkan tingkat kemiskinan dapat ditekan pada kisaran 8,5% hingga 9%, turun dari proyeksi tahun ini sebesar 9,4%.

Sri Mulyani juga menjelaskan melalui kenaikan cukai, pemerintah ingin mengurangi dan mengontrol konsumsi rokok karena berpengaruh kepada kesehatan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement