Mahasiswa Tetap Bertahan di Senayan Meski Dibubarkan Paksa oleh Aparat

Dimas Jarot Bayu
24 September 2019, 21:18
Demonstrasi Mahasiswa, DPR
Kericuhan dalam unjuk rasa di depan kompleks Parlemen di Jakarta, Selasa (24/9/2019). Ribuan mahasiswa yang berasal dari kampus di sejumlah daerah itu turun ke jalan berdemonstrasi menolak UU KPK dan pengesahan RUU KUHP.

Sejumlah mahasiswa tetap bertahan di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Mereka tak mau meninggalkan gedung tersebut meski telah dibubarkan oleh aparat keamanan.

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id pada Selasa (24/9) pukul 20.30 WIB, para mahasiswa masih memadati ruas jalan di depan TVRI, Senayan, Jakarta. Mereka bahkan terlibat konflik dengan aparat di jalan layang dekat TVRI.

Di satu sisi, polisi terus-menerus menembakan gas air mata. Di sisi lain, mahasiswa menyerang balik dengan melemparkan bom molotov ke arah polisi.

Akibat konflik tersebut, beberapa mahasiswa tampak dievakuasi menggunakan motor. Terlihat pula pembatas jalan dibakar oleh mahasiswa. 

Mahasiswa terus dipukul mundur oleh aparat hingga memasuki kawasan Gelora Bung Karno (GBK). Mereka berkumpul di sana sambil terus menyanyikan lagu Indonesia Raya.

(Baca: Pengusaha Khawatir Investasi Terganggu Aksi Demonstrasi)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...