Startup Logistik, Shipper Dapat Investasi dari Akselerator Asal AS

Desy Setyowati
26 September 2019, 11:50
Startup logistik lokal, Shipper dapat investasi US$ 5 juta dari beberapa investor, salah satunya akselerator asal AS
ANTARA FOTO/ZABUR KARURU
Ilustrasi, pekerja memeriksa barang di dalam gudang logistik milik CKB Logistics saat peresmiannya di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (6/9). Startup logistik lokal, Shipper dapat investasi US$ 5 juta dari beberapa investor, salah satunya akselerator asal AS.

Startup logistik Indonesia, Shipper memperoleh pendanaan US$ 5 juta atau sekitar Rp 70 miliar. Dana segar itu diperoleh dari akselerator asal Amerika Serikat (AS), Y Combinator, bersama dengan Lightspeed Venture Partners, Floodgate, Insignia Ventures Partners, dan Convergence Ventures.

Mengutip dari Tech Crunch, Shipper berencana menggunakan tambahan modal itu untuk menggaet lebih banyak konsumen. Shipper merupakan startup agregator layanan logistik.

Shipper telah bekerja sama dengan JNE, Sicepat, Ninja Xpress dan aCommerce. Sebagai startup agregator, Shipper menerapkan antarmuka pemrograman aplikasi (application programming interface/API) supaya terintegrasi dengan platform para mitranya.

Shipper juga tidak memungut biaya ke pengguna. Untuk monetisasi, perusahaan mengambil komisi dari mitra atas permintaan layanan melalui platform Shipper.

(Baca: Darmin MInta Menhub Kembangkan Angkutan Logistik untuk Dorong Ekonomi)

Selain Shipper, beberapa perusahaan logistik nasional mendapat investasi. Startup Paxel misalnya, memperoleh US$ 10 juta baru-baru ini. Lalu, Sicepat mengumpulkan pendanaan Seri A US$ 50 juta pada April lalu.

Bukan hanya perusahaan logistik dengan model bisnis Business to Costumer (BtoC), startup Business to Business (BtoB) juga memperoleh dana segar. Setidaknya, ada empat perusahaan rintisan terkait pengiriman barang model BtoB mendapat tambahan modal sejak awal tahun ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...