Analis KIC: Dampak Demonstrasi ke IHSG Kecil, Pasar Memang Bearish

Happy Fajrian
30 September 2019, 17:36
ihsg, katadata insight center, demonstrasi,
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Panel Ahli Katadata Insight Center (KIC) Wahyu Prasetyawan Ph.D menilai saat ini IHSG memang sedang dalam tren menurun (bearish), terlepas ada aksi demonstrasi mahasiswa atau tidak. Dampak dari aksi demonstrasi itu sendiri terhadap IHSG menurutnya kecil.

Masih berlanjutnya aksi demonstrasi di depan gedung Parlemen hari ini, Senin (30/9), berpotensi berdampak terhadap pasar modal nasional. Seperti diketahui, indeks harga saham gabungan (IHSG) sempat terkoreksi hingga 1,51% selama dua hari berlangsungnya demonstrasi pada pekan lalu.

Anggota Panel Ahli Katadata Insight Center (KIC) Wahyu Prasetyawan mengatakan bahwa aksi demonstrasi tersebut tidak akan banyak berpengaruh terhadap indeks jika persoalannya dapat ditangani dengan baik.

“Indeks tergantung sentimen. Kalau saya perhatikan respon pemerintah kan cukup baik dengan mengabulkan tuntutan dari mahasiswa dan menurunkan tensi. Jadi memang akan ada sedikit penurunan tapi nanti akan recovery lagi,” jelasnya kepada Katadata.co.id, Senin (30/9).

Hal tersebut terbukti pada aksi demonstrasi pekan lalu. Meski IHSG sempat turun hingga 1,51% ke level 6.137,61 pada Selasa (24/9) dari posisi 6.231,47 pada penutupan akhir pekan sebelumnya, pada Rabu (25/9) IHSG sudah berbalik naik walau hanya tipis 0,14%.

(Baca: IHSG Sesi I Turun 0,57%, Dibayangi Aksi Demostrasi Mahasiswa)

Pada Kamis (26/9) IHSG melanjutkan kenaikannya. Kali ini cukup signifikan sebesar 1,36% ke level 6.230,33, walaupun sehari kemudian IHSG kembali terkoreksi sebesar 0,54%. Namun koreksi tersebut lebih karena sentimen eksternal, yakni seputar perang dagang Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok.

Namun menurut Wahyu koreksi IHSG pada Selasa pekan lalu tidak semata-mata karena aksi demonstrasi yang tengah berlangsung, melainkan ada sentimen lainnya. Pasalnya, tidak hanya IHSG, bursa saham Asia lainnya ketika itu juga bergerak di zona merah.

“Itu turun (pada selasa pekan lalu) karena sentimen lain. Kalau melihat jangka panjang berdasarkan KMSI (Katadata Market Sentiment Index), periode kita masih bearish (turun) terus. Dari fundamentalnya kemungkinan akan terus turun sampai akhir tahun,” jelas Wahyu.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...