Gantikan Puan, Menko Darmin Akan Lanjutkan Rencana Kenaikan Iuran BPJS

Agatha Olivia Victoria
2 Oktober 2019, 15:21
puan maharani, darmin nasution, plt menko pmk, bpjs kesehatan
ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA
Petugas BPJS Kesehatan menunjukan kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) online miliknya di kantor Pelayanan BPJS Kesehatan Jakarta Selatan, Jumat (13/9/2019). Setelah ditunjuk sebagai Plt Menko PMK, Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan tidak akan membuat kebijakan baru atau mengubah kebijakan yang telah dibuat sebelumnya, termasuk tentang rencana kenaikan iuran BPSJ Kesehatan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Darmin Nasution menggantikan Puan Maharani sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK). Adapun Puan kini resmi menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024.

Darmin menjelaskan, sebagai Plt yang baru ia akan melanjutkan seluruh kebijakan yang telah dibuat sebelumnya. "Plt itu ya biasanya tidak akan buat kebijakan baru. Tapi melanjutkan yang ada. Termasuk (kenaikan) iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan itu," kata Darmin saat ditemui di Hotel Ayana Midplaza, Jakarta, Selasa (2/10).

Advertisement

Darmin mengatakan bahwa dia akan mengadakan rapat terlebih dahulu dengan seluruh rekan kerja Puan di Kemenko PMK. Rapat akan membahas berbagai tugas yang akan dilakukan seorang Plt Menko PMK.

(Baca: Jokowi Tunjuk Darmin dan Tjahjo Jadi Plt Dua Menteri yang Masuk DPR)

Nantinya dalam rapat tersebut Darmin juga akan membahas tentang rencana kenaikan iuran BPJS Kesehatan. "Saya cari waktu dulu satu atau dua hari ini untuk rapat," ucap dia.

Menurut Darmin, Kemenko PMK memiliki tugas yang banyak dan variatif. Tak hanya kesehatan, pendidikan hingga bantuan sosial pun menjadi tugas berat seorang Menko PMK.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement