Bertemu PM Belanda, Jokowi Bahas Kerja Sama Strategis

Penulis: Dimas Jarot Bayu

Editor: Ekarina

7/10/2019, 12.22 WIB

Jokowi dan Rutte bakal membahas kerja sama Indonesia-Belanda berdasarkan prinsip kemitraan komprehensif.

Presiden Jokowi bertemu dengan Perdana Menteri Belanda di Istana Bogor. Pada pertemuan hari ini, keduanya akan melakukan sejumlah agenda dan pembicaraan, salah satunya terkait kerja sama ekonomi strategis.
Dimas Jarot Bayu / Katadata
Presiden Jokowi bertemu dengan Perdana Menteri Belanda di Istana Bogor. Pada pertemuan hari ini, keduanya akan melakukan sejumlah agenda dan pembicaraan, salah satunya terkait kerja sama ekonomi strategis.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Perdana Menteri Belanda Y. M. Mark Rutte di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (7/10). Kedua Kepala Pemerintahan tersebut bakal melakukan sejumlah agenda, termasuk pembicaraan terkait kerja sama perekonomian. 

Berdasarkan pantauan katadata.co.id, Rutte datang sekitar pukul 10.55 WIB dengan berbalut kemeja batik lengan panjang berwarna cokelat dan langsung disambut oleh Jokowi dan beberapa menteri Kabinet Kerja di halaman depan Istana.

Beberapa menteri yang hadir, yakni Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

(Baca: Momentum Perang Dagang, Jokowi Minta Ekspor Mebel dan Rotan Naik)

Mark kemudian mengisi buku tamu dan melakukan foto bersama dengan Jokowi. Setelah penyambutan dan penandatanganan buku tamu, acara dilanjutkan dengan penanaman pohon damar.

Setelahnya, Jokowi dan Rutte bakal melakukan veranda talk. Veranda talk merupakan tradisi baru Presiden RI era Jokowi berupa bincang-bincang akrab dengan beberapa tamu negara di beranda Istana.

Berdasarkan informasi dari laman situs Kemlu.go.id, Jokowi dan Rutte bakal membahas kerja sama Indonesia-Belanda berdasarkan prinsip kemitraan komprehensif. Di akhir acara keduanya bakal mengadakan pernyataan pers bersama.

(Baca: Mendag Dorong Penyelesaian Kerja Sama Ekonomi RI-Korea)

Dalam kunjungan satu hari di Indonesia, Rutte juga akan menemui kalangan bisnis, pelajar, akademisi, dan alumni perguruan tinggi Belanda di Jakarta. Adapun dalam acara kedatangannya ke Jakarta tersebut, Rutte didampingi oleh Penasehat Utama Bidang Luar Negeri dan Pertahanan serta Koordinator Nasional untuk Keamanan dan Penanggulangan Terorisme Belanda.

Kunjungan Rutte ke Indonesia kali ini merupakan bagian dari rangkaian lawatan ke Asia Tenggara dan Pasifik. Adapun, Rutte selanjutnya akan menuju Selandia Baru dan Australia.

Untuk diketahui, Rutte sudah tiga kali berkunjung ke Indonesia dan bertemu Jokowi. Kunjungan pertama Rutte ketika Jokowi masih menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Kunjungan kedua Rutte dilakukan pada November 2016. Pertemuan tersebut dilakukan di Istana Kepresidenan Bogor.

Reporter: Dimas Jarot Bayu

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan