Ketua NasDem: Tak Masalah Tak Dapat Kursi Menteri, Tetap Kawal Jokowi

Agatha Olivia Victoria
12 Oktober 2019, 17:40
partai nasdem, kabinet jokowi maruf, jatah kursi menteri
ANTARA FOTO/ADIWINATA SOLIHIN
Surya Paloh saat menghadiri konsolidasi Partai Nasdem di Gorontalo. Ketua DPP Partai NasDem Irma Suryani Chaniago menegaskan bahwa partainya tidak keberatan jika Jokowi tidak memberikan jatah kursi menteri pada kabinetnya. Menurutnya, dukungan NasDem untuk Jokowi tanpa syarat dan tanpa mahar.

Partai NasDem menyatakan tak mempermasalahkan jika tidak mendapat jatah kursi menteri dalam kabinet Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. Sikap tersebut merupakan bukti konsistensi NasDem dalam mendukung pemerintah.

Ketua DPP Partai Nasdem Irma Suryani Chaniago menegaskan, partainya akan terus mendukung Jokowi tanpa syarat. "Catat ya, catat. Sejak awal Nasdem punya komitmen mendukung Pak Jokowi tanpa syarat dan mahar. Jadi tidak ada keberatan NasDem seandainya Pak Jokowi tidak memberikan sama sekali kursi menteri kepada kami," ujarnya di D'Consulate, Jakarta, Sabtu (12/10).

Ia melanjutkan, partai NasDem akan terus mengawal pemerintahan Jokowi di periode kedua hingga tugasnya selesai. Hal ini dilakukan untuk membangun Indonesia lebih baik ke depannya.

Menurut Irma, komitmen tersebut pun juga telah ditegaskan oleh Ketua Umum NasDem Surya Paloh. Surya juga tak bermasalah jika kadernya tak mendapatkan kursi menteri. "Itu secara tegas kok disampaikan oleh Pak Surya Paloh," ucap dia.

(Baca: NasDem Menentang Tawaran Kursi Menteri Kabinet Jokowi untuk Gerindra)

Adapun pembagian kursi menteri dijelaskan ia merupakan hak prerogratif presiden. Sehingga NasDem tak ingin membebani Jokowi dengan meminta-minta jatah kursi menteri. Karena apapun hasilnya NasDem menilai hal tersebut merupakan yang terbaik bagi bangsa.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...