Jelang Akhir Jabatan, Menperin Kritik Perlambatan Industri Lewat Buku

Rizky Alika
14 Oktober 2019, 16:26
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meluncurkan buku menjelang akhir masa jabatannya. Buku berjudul Merajut Asa, Membangun Industri Menuju Indonesia yang Sejahtera dan Berkelanjutan tersebut antara lain memuat kritik Airlangga mengenai perjalanan industri dalam negeri yang berjalan lambat .

Dalam salah satu bab, Airlangga menuliskan artikel berjudul "Indonesia: Mengapa Begitu Lamban?". Pada artikel tersebut, ia mempertanyakan industrialiasasi Indonesia berjalan begitu lamban kendati hal tersebut penting bagi pertumbuhan ekonomi negara.

"Buku ini saya tulis sebelum 2016. Jadi kalau bukunya agak galak-galak sedikit, itu karena saya masih di luar (kementerian)," kata Airlangga dalam peluncuran buku dia di kantornya, Jakarta, Kamis (14/10).

Menurutnya, buku tersebut disusun untuk menyumbangkan saran dan pemikiran terhadap Kementerian Perindustrian. Selain berisi kritikan, tersebut juga mengungkap beberapa peluang dan kemudahan untuk pembangunan industri dalam negeri.

(Baca: Kemenperin Bakal Hapus Surat Rekomendasi Impor Logam dan Baja)

Airlangga mengungkapkan, buku tersebut juga menceritakan mengenai perjalanan dirinya saat di bangku legislatif (DPR) sebagai Ketua Pansus untuk menyusun Undang-Undang (UU) Minerba, UU Perdagangan, dan revisi UU Perindustrian. Menurutnya, buku tersebut juga banyak mencatat hal-hal yang tidak tertulis di dalam UU.

Adapun, ketika diberi amanat sebagai Menperin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Airlangga mencoba memahami arahan-arahan Presiden yang kemudian dituangkan dalam program dan kebijakan. Dia lantas menceritakan beberapa kebijakan pengembangan industri nasional dapat dilaksanakan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...