Menteri Malaysia Ungkap Alasan Negaranya Butuh Gojek

Desy Setyowati
17 Oktober 2019, 12:23
Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Syed Saddiq Syed Abdul Rahman mengungkapkan beberapa manfaat jika Gojek beroperasi di negaranya
Instagram |@syedsaddiq
Ilustrasi, Pimpinan Gojek, yakni Nadiem Makarim dan Andre Soelistyo bertemu dengan Perdana Menteri Malaysia Perdana Menteri Malaysia Tun Mahathir Mohamad, Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Syed Saddiq, dan Menteri Transportasi Anthony Loke Siew Fook beberapa waktu lalu (19/8). Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Syed Saddiq Syed Abdul Rahman mengungkapkan beberapa manfaat jika Gojek beroperasi di negaranya.

Decacorn Tanah Air Gojek tengah mengajukan perizinan ke pemerintah Malaysia. Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Syed Saddiq Syed Abdul Rahman mengungkapkan beberapa manfaat jika Gojek beroperasi di negaranya.

Ia menyampaikan, layanan berbagi tumpangan (ride hailing) seperti Gojek dapat meningkatkan ekosistem e-commerce di Malaysia. Hal ini sudah terbukti di Thailand, Vietnam dan Indonesia.

Advertisement

Di Thailand misalnya, ia mencatat bahwa sistem pengiriman e-commerce di negara itu mampu menangani sekitar 10 ribu paket sehari. “Setelah keduanya (Grab dan Gojek) datang, jumlahnya meningkat empat kali lipat,” kata dia dikutip dari Bernama, kemarin (16/10).

Berkaca dari kondisi itu, ia optimistis layanan on-demand seperti Gojek dan Grab bisa meningkatkan bisnis pengusaha kecil di Malaysia secara cepat. “Jika kita pergi ke Bangkok, Indonesia atau Vietnam, orang-orang dapat memesan makanan di warung untuk dikirim ke rumah mereka. Kami menginginkan ekosistem ini karena dapat membantu pengusaha yang lebih kecil,” kata dia.

Hal ini ia sampaikan saat menjadi bintang tamu dalam sebuah program Bernama TV. Acara itu mengusung tema ‘Mengapa perlu Gojek?’ yang dipandu oleh Ketua Bernama Datuk Seri Azman Ujang, Pemimpin Redaksi Bernama Datuk Mokhtar Hussain dan editor senior.

(Baca: Gojek Ternyata Belum Dapat Izin Beroperasi di Malaysia)

Syed Saddiq menilai, layanan transportasi roda dua yang dibawa Gojek harus dilihat dalam ruang lingkup yang lebih luas. Bukan hanya berbagi tumpangannya, layanan ini bisa digunakan untuk pesan-antar makanan, logistik, dan lainnya.

"Ini adalah tanggung jawab kami untuk memastikan ekosistem pekerjaan dapat ditingkatkan dan pada saat yang sama tidak hanya melibatkan transportasi roda dua, kita perlu melihatnya dari pengiriman makanan, distribusi e-commerce dan banyak lebih lagi,” kata dia.

Ia melihat bisnis kuliner di Malaysia didominasi restoran untuk kelas menengah atas. Padahal, menurutnya warung pinggir jalan dan UMKM bisa berkembang di tengah perkembangan ekonomi digital ini. Caranya, dengan mendorong ekosistemnya.

Dalam hal ini, Gojek memiliki layanan pesan-antar makanan GoFood, logistik GoSend, dan 20 produk jasa lainnya. Pemain sejenis lainnya yang sudah ada di Malaysia adalah Grab, serta khusus di bidang pesan-antar makanan ada Food Panda dan Dah Makan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement