Pengusaha, Politisi & Menteri yang ke Istana saat Jokowi Susun Kabinet

Dimas Jarot Bayu
17 Oktober 2019, 17:44
Kabinet, Menteri, Jokowi, Istana.
ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A
Presiden Joko Widodo (tengah) berbincang dengan Ketua MPR Bambang Soesatyo (kelima kanan) dan wakil pimpinan MPR di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/10/2019). Sepanjang pekan ini, ketua umum partai politik, pengusaha, hingga Menteri Kabinet Kerja berkunjung ke Istana.

Sejumlah tokoh tampak menyambangi Kompleks Istana Kepresidenan beberapa hari sebelum pelantikan Joko Widodo (Jokowi) sebagai Presiden dan pergantian kabinet. Mereka terdiri dari ketua umum partai politik, pengusaha, hingga Menteri Kabinet Kerja.

Awalnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi datang ke Istana Hari Kamis (17/10) pagi. Budi menyatakan dipanggil Jokowi untuk melaporkan pembangunan pelabuhan Kuala Tanjung, Patimban, dan Labuan Bajo.

Ia menyatakan pertemuannya dengan Jokowi tak terkait dengan pembahasan kabinet periode kedua saat dipanggil Jokowi. “Belum ada, belum,” kata Budi usai keluar dari dalam Istana.

(Baca: Banyak Bocoran Nama Menteri, Jokowi: Susunan Kabinet Sudah Rampung)

Setelah Budi, tampak hadir politisi PDI Perjuangan Adian Napitupulu dengan mengenakan kemeja putih di Istana sekitar pukul 10.30 WIB.  Hanya saja, tak diketahui apa alasan Adian muncul di Istana. Tak ada penjelasan juga apakah Adian bertemu Jokowi atau Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Pada siang hari, giliran mantan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Erick Thohir yang datang dan bertemu Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Erick mengatakan, dia bertemu Pramono membahas pembatalan acara perayaan pelantikan Jokowi-Ma’ruf. Dia juga menyatakan tak membahas kabinet periode kedua Jokowi.

Meski begitu, Erick menyatakan siap jika diminta Jokowi menjadi Kepala Staf Kepresidenan atau Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN). Pemilik Mahaka Group itu merasa kedua jabatan tersebut cocok baginya sebagai seorang profesional.

“Hal yang positif (dari KSP dan KEIN), yakni bagian dari advisor untuk merapikan sistem,” kata Erick usai bertemu di Kantor Sekretaris Kabinet, Jakarta, Kamis (17/10).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...