Pengusaha, Politisi & Menteri yang ke Istana saat Jokowi Susun Kabinet

Penulis: Dimas Jarot Bayu

Editor: Ameidyo Daud

17/10/2019, 17.44 WIB

Beberapa menteri dan para politisi menghadap Jokowi tiga hari belakangan.

Kabinet, Menteri, Jokowi, Istana.
ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A
Presiden Joko Widodo (tengah) berbincang dengan Ketua MPR Bambang Soesatyo (kelima kanan) dan wakil pimpinan MPR di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/10/2019). Sepanjang pekan ini, ketua umum partai politik, pengusaha, hingga Menteri Kabinet Kerja berkunjung ke Istana.

Sejumlah tokoh tampak menyambangi Kompleks Istana Kepresidenan beberapa hari sebelum pelantikan Joko Widodo (Jokowi) sebagai Presiden dan pergantian kabinet. Mereka terdiri dari ketua umum partai politik, pengusaha, hingga Menteri Kabinet Kerja.

Awalnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi datang ke Istana Hari Kamis (17/10) pagi. Budi menyatakan dipanggil Jokowi untuk melaporkan pembangunan pelabuhan Kuala Tanjung, Patimban, dan Labuan Bajo.

Ia menyatakan pertemuannya dengan Jokowi tak terkait dengan pembahasan kabinet periode kedua saat dipanggil Jokowi. “Belum ada, belum,” kata Budi usai keluar dari dalam Istana.

(Baca: Banyak Bocoran Nama Menteri, Jokowi: Susunan Kabinet Sudah Rampung)

Setelah Budi, tampak hadir politisi PDI Perjuangan Adian Napitupulu dengan mengenakan kemeja putih di Istana sekitar pukul 10.30 WIB.  Hanya saja, tak diketahui apa alasan Adian muncul di Istana. Tak ada penjelasan juga apakah Adian bertemu Jokowi atau Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Pada siang hari, giliran mantan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Erick Thohir yang datang dan bertemu Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Erick mengatakan, dia bertemu Pramono membahas pembatalan acara perayaan pelantikan Jokowi-Ma’ruf. Dia juga menyatakan tak membahas kabinet periode kedua Jokowi.

Meski begitu, Erick menyatakan siap jika diminta Jokowi menjadi Kepala Staf Kepresidenan atau Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN). Pemilik Mahaka Group itu merasa kedua jabatan tersebut cocok baginya sebagai seorang profesional.

“Hal yang positif (dari KSP dan KEIN), yakni bagian dari advisor untuk merapikan sistem,” kata Erick usai bertemu di Kantor Sekretaris Kabinet, Jakarta, Kamis (17/10).

(Baca: Usai Kunjungi Istana, Erick Thohir Sebut Cocok Jabat di KSP atau KEIN)

Jelang sore, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri juga datang ke Istana lewat gerbang Wisma Negara. Terlihat, Megawati yang datang pukul pada pukul 14.58 WIB itu disambut Pramono Anung.

Sebelumnya, beberapa tokoh politik dan pejabat datang menemui Jokowi di Istana sepanjang pekan ini.  Pada Selasa (15/10), Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan datang menghadap. Selain itu Jokowi sempat menerima 10 pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) untuk konsultasi acara pelantikan.

Keesokan harinya, Rabu (16/10), giliran Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri BUMN  Rini Soemarno, dan Menteri Perindustrian sekaligus Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto menemui Presiden. Di hari yang sama, Jokowi juga menerima kedatangan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan Ketum NasDem Surya Paloh.

(Baca: Moeldoko: Jokowi Pusing Susun Formasi Kabinet Periode Kedua)

Sri Mulyani mengatakan dirinya menghadap Jokowi hanya membicarakan soal upaya mengatasi banjir impor tekstil dan produk tekstil (TPT). Dia mengatakan pertemuan satu jam itu tak membahas jabatan Menteri.

Sedangkan Luhut tak mengiyakan atau membantah ada pembicaraan soal kabinet periode kedua ketika bertemu Jokowi. Hanya saja, dia enggan memberi tahu awak media. “Kalau saya bicara (soal kabinet), masa saya cerita ke kamu,” kata Luhut kepada para wartawan Istana Kepresidenan.

 

 

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan