Bank Asing Masuk Makin Ramai, Perbanas: Bank Nasional Harus Ubah Fokus

Image title
18 Oktober 2019, 19:02
bank asing di Indonesia, perbankan, perbanas
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA
Ketua Perbanas sekaligus Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo mengatakan bahwa semakin ramainya bank asing di industri perbankan nasional membuat bank-bank nasional harus mengubah fokus bisnis agar bisa mempertahankan eksistensinya.

Sepanjang tahun ini banyak bank asing yang masuk ke industri perbankan Indonesia dengan mencaplok bank-bank nasional. Masuknya bank asing di satu sisi memperkuat permodalan bank nasional, namun di sisi lain menambah ketat persaingan dengan bank lokal.

Ketua Umum Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas), Kartika Wirjoatmodjo mengatakan bahwa permodalan perbankan nasional ke depan penuh tantangan karena adanya penerapan standar akuntansi baru PSAK 71, di mana perbedaan utama di PSAK 71 adalah pada perhitungan cadangan kerugian penurunan nilai (CKPN).

"Memang tidak banyak pemodal yang mampu untuk mendanai permodalan bank dalam sekala besar," kata Kartika yang juga menjabat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri (Persero), ketika ditemui di Jakarta, Jumat (18/10).

Karenanya, Tiko, sapaan akrabnya, mengakui perbankan Indonesia memang perlu mendapatkan dukungan dari pemodal luar negeri. Menurutnya, untuk mempertahankan eksistensi dan bisa melakukan penetrasi pasar dengan lebih efektif, maka perbankan dalam negeri perlu menggeser fokus bisnis ke arah ritel agar bisnisnya tidak bergesekan dengan bank asing.

(Baca: Bank China Construction Jual Saham Baru 65%, Sinar Mas Siap Beli)

Tiko menjelaskan, biasanya bank asing fokus di perkotaan dan menyalurkan pinjaman ke korporasi besar. Jika bank-bank lokal masih menggasak bisnis tersebut, Tiko menilai mereka harus berhadap dengan lawan yang memiliki pendanaan dari bank asing.

"Jadi, bank nasional harus transformasi juga, harus bisa masuk segmen menengah, kecil, bahkan ultramikro. Ini tantangan perbankan untuk 5 tahun ke depan harus masuk ke segmen itu," katanya.

Perbankan Jepang Meramaikan Industri Perbankan Tanah Air

Seperti diketahui, beberapa bank asing, khususnya bank yang berasal dari Asia, tengah melakukan ekspansi dengan mencaplok saham-saham bank Indonesia.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...