Brexit Berakhir dengan Kesepakatan, IHSG Hari ini Diramal Bervariasi

Image title
18 Oktober 2019, 07:16
IHSG hari ini diramal bergerak variatif ditopang oleh sentimen global, seperti kesepakatan Brexit.
ANTARA FOTO/INDRIANTO EKO SUWARSO
IHSG hari ini diramal bergerak variatif ditopang oleh sentimen global, seperti kesepakatan Brexit.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), Jumat (18/10) diprediksi bergerak variatif oleh sejumlah analis. Pergerakkan indeks hari ini dipengaruhi faktor global, salah satunya terkait kesepakatan Inggris dan Uni Eropa soal Brexit.  

Adapun, indeks dalam negeri dalam lima hari terakhir terus ditutup menguat. Pada penutupan perdagangan kemarin, IHSG naik 0,19% di level 6.181,01.

Analis Reliance Sekuritas Indonesia, Lanjar Nafi menyampaikan, secara teknikal IHSG hari ini diperkirakan akan bergerak sedikit tertahan. "Dengan penguatan menguji target pergerakan rata-rata 50 hari, pada support resistance 6.150-6.230," ujarnya.

Menurutnya, IHSG hari ini dipengaruhi oleh optimisme investor terkait kesepakatan keluarnya Inggris dari Uni Eropa atau dikenal dengan istilah British Exit (Brexit). "Hal itu sedikit meredakan kekhawatiran investor bahwa Brexit akan berakhir tanpa kesepakatan," kata Lanjar dalam risetnya. 

(Baca: Dibayangi Aksi Ambil Untung, IHSG Berpotensi Terkoreksi )

Pada Kamis waktu setempat, Uni Eropa akhirnya bersepakat dengan Inggris soal pemisahan Negeri Ratu Elisabeth dari blok kawasan tersebut. Negosiasi Brexit telah melalui jalan panjang selama 18 bulan. 

Pembahasannya kerap terjadi tanpa kesepakatan serta penolakan. Perdana Menteri Inggris sebelumnya, Theresa May gagal mendapat persetujuan parlemen Inggris dan Uni Eropa sampai akhirnya ia mengundurkan diri.

Adapun, Perdana Menteri Inggris yang baru, Boris Johnson bertekad menyelesaikan Brexit pada 31 Oktober hingga akhirnya tercapai.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...