Bahlil Lahadalia, Fachrul Razi dan Ida Fauziyah Kunjungi Istana

Rizky Alika
22 Oktober 2019, 13:54
Bahlil, Fachrul Rozi, calon menteri, kabinet Jokowi
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ketua Umum BPP HIPMI periode 2015–2019, Bahlil Lahadalia mendatangi Istana Kepresidenan, Jakarta (22/10/2019). Selain Bahlil, tokoh yang diundang Jokowi yakni Fachrul Razi dan Ida Fauziyah.

Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Bahlil Lahadalia tampak mengunjungi Istana Merdeka pada pukul 13.11 WIB. Kedatangan Bahlil setelah politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Ida Fauziyah dan mantan Wakil Panglima TNI Jenderal (Purn) Fachrul Razi.

Bahlil mengatakan dia datang ke istana untuk memenuhi panggilan protokol. "Semalam dihubungi protokol," kata dia di Kompleks Istana, Jakarta, Selasa (22/10). Meski begitu, ia belum mengetahui maksud dari undangan tersebut.

(Baca: Bahlil Lahadalia, Mantan Penjaja Kue yang Menuju Kursi Menteri Jokowi)

Presiden Jokowi pernah menyebut Bahlil cocok menjadi menteri. Hal tersebut ia sampaikan ketika acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) dan Buka Puasa Bersama Hipmi di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Minggu (26/5).

Setelah melihat Bahlil menyampaikan pidato, Jokowi menyampaikan bahwa Ketua Hipmi tersebut cocok menjadi menteri. "Saya lihat adinda Bahlil kelihatannya cocok jadi menteri," kata Jokowi di Hotel Ritz Carlton, Jakarta.

Sementara itu, Ida Fauziyah pernah menjadi calon wakil gubernur Jawa Tengah yang berpasangan dengan Sudirman Said pada Pilkada 2018. Pasangan ini tak berhasil menggeser Ganjar Pranowo.

Sementara Fachrul Razi merupakan Ketua Tim Bravo 5, kelompok purnawirawan TNI yang mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

Seperti para calon menteri lainnnya yang menghadap Presiden Joko Widodo sejak Senin lalu, ketiganya mengenakan kemeja putih panjang.

(Baca: Calon Menteri, Agus Gumiwang Diminta Bangun SDM dan Manufaktur)

Hari ini Jokowi memanggil beberapa tokoh yang akan menduduki kursi menteri. Mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan eks Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya tampak hadir di istana. Keduanya menyatakan dipercaya kembali oleh Jokowi untuk mengisi kembali jabatan yang pernah diemban.

Sementara itu, politisi Golkar Agus Gumiwang kemungkinan menjabat sebagai Menteri Perindustrian. Ada pun Wakil Bendahara Umum PDIP Juliari Batubara diperkirakan menjabat Menteri Sosial.

(Baca: Usai Bertemu Jokowi, Suharso Monoarfa Beri Sinyal Pimpin Bappenas)

Berikut daftar tokoh yang dipanggil ke Istana Kepresidenan dalam rangkaian perkenalan calon menteri pada Senin (20/10) hingga Selasa (21/10) siang:

1. Mahfud Md
2. Nadiem Makarim
3. Wishnutama
4. Erick Thohir
5. Tito Karnavian
6. Airlangga Hartarto (Golkar)
7. Pratikno
8. Fadjroel Rachman
9. Nico Harjanto
10. Prabowo Subianto (Gerindra)
11. Edhy Prabowo (Gerindra)
12. Sri Mulyani
13. Syahrul Yasin Limpo (NasDem)
14. Agus Gumiwang Kartasasmita (Golkar)
15. Juliari Batubara (PDIP)
16. Siti Nurbaya (NasDem)
17. Suharso Monoarfa (PPP)
18. Mantan Wakil Panglima TNI Fachrul Rozi
19. Ida Fauziah (PKB)
20. Bahlil Lahadalia

Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...