Calon Menteri, Agus Gumiwang Diminta Bangun SDM dan Manufaktur

Rizky Alika
22 Oktober 2019, 13:34
politisi golkar agus gumiwang, mantan menteri sosial
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Politisi partai Golkar yang juga mantan Menteri Sosial Agus Gumiwang melambaikan tangan saat tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10). Agus Gumiwang mengatakan diminta ikut membangun Sumber Daya Manusia (SDM) dan industri manufaktur dalam kabinet pemerintahan periode kedua Jokowi.

Politikus Partai Golkar Agus Gumiwang mengatakan telah diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk masuk dalam kabinet pemerintahan periode 2019-2024. Ia diminta membantu Jokowi membangun Sumber Daya Manusia (SDM) dan industri manufaktur.

"Beliau (Jokowi) juga menugaskan saya terkait pentingnya melakukan transfomasi manufaktur dan menciptakan kondisi di mana industri kecil bisa menjadi bagian dari supply chain yang ada di industri," ujar Agus di Istana Negara.

Mantan menteri sosial di Kabinet Kerja ini tak memberi kepastian apakah diminta untuk menjadi menteri perindustrian. Menurut Agus, pengumuman terkait posisi dirinya di kabinet pemerintahan akan diumumkan langsung oleh Jokowi.

(Baca: Agus Gumiwang, Juliari Batubara dan Suharso Monoarfa Temui Jokowi)

Jokowi sebelumnya dikabarkan akan menggabungkan kementerian perindustrian dengan kementerian perdagangan. Agus pun tak mau berkomentar terkait rencana tersebut dan menyerahkannya kepada Jokowi.

Ia juga enggan mengomentari kursi yang diperoleh Golkar maupun kemungkinan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto kembali masuk dalam kabinet pemerintahan.

"Itu hak preogratif presiden. Saya yakin sudah ada perbincangan antara Presiden dengan Pak Airlangga," jelas dia.

Agus Gumiwang merupakan orang kedua dari Golkar yang menemui Jokowi sebagai calon menteri.  Sebelumnya, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto menemui Jokowi pada Senin (21/10).

(Baca: Masuk Kabinet, Syahrul Yasin Limpo Singgung Pertanian dan Perikanan)

Ia datang ke Istana Negara menggunakan baju putih lengan panjang. "Saya dipanggil tadi malam pukul 22.30," kata Agus .

Sejak tadi pagi, sejumlah tokoh telah datang ke Istana Negara atas panggilan Presiden Joko Widodo. Berikut daftar tokoh yang dipanggil ke Istana Kepresidenan dalam rangkaian perkenalan calon menteri pada Senin (20/10) hingga Selasa (21/10) siang:

1. Mahfud Md

2. Nadiem Makarim

3. Wishnutama

4. Erick Thohir

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...