Dirutnya Jadi Wakil Menteri BUMN, Saham Bank Mandiri Anjlok 2,42%

Image title
25 Oktober 2019, 14:32
saham bank mandiri, wakil menteri bumn, kartika wirjoatmodjo,
KATADATA/DIMAS JAROT BAYU
Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mendatangi Istana Kepresidenan, Jumat (25/10). Kartika ditunjuk untuk menjadi wakil menteri BUMN dan akan segera mengundurkan diri dari posisi Direktur Utama Bank Mandiri.

Saham Bank Mandiri (BMRI) pada perdagangan sesi pertama hari ini, Jumat (25/10) bergerak terkoreksi hingga 1,73% menjadi di harga Rp 7.100 per saham. Penurunan ini bertepatan dengan pemanggilan Direktur Utamanya, Kartika Wirjoatmodjo, oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Memasuki sesi II, turun semakin dalam dan sempat menyentuh level Rp 7.050 atau turun 175 poin (2,42%), yang merupakan level terendahnya sepanjang hari ini. Padahal, pada sesi I saham bank pelat merah ini sempat  menyentuh level tertingginya di Rp 7.275 per saham atau naik 0,69%.

Hingga pukul 14.00 wib, total volume saham Bank Mandiri yang diperdagangkan mencapai 17,56 juta saham, dengan nilai transkasi mencapai Rp 125,63 miliar. Saham ini ditransaksikan dengan frekuensi sebanyak 3.782 kali oleh investor. Sementara itu investor asing membukukan penjualan bersih (net sell) saham ini di seluruh pasar sebesar Rp 30,56 miliar.

Meski bergerak terkoreksi, namun Analis Royal Investium Sekuritas, Janson Nasrial menyampaikan bahwa terkoreksinya saham Bank Mandiri sama sekali tidak ada hubungannya dengan Tiko, sapaan akrab Kartika yang dipanggil untuk menjadi Wakil Menteri BUMN. "Tidak ada hubungannya dengan itu," katanya hari ini.

(Baca: Kartika Wirjoatmodjo, Bankir yang Ditunjuk Jadi Wakil Menteri BUMN)

Nyatanya, saham-saham di industri perbankan pada perdagangan sesi pertama ini kompak terkoreksi. Secara sektoral, sektor finansial bergerak terkoreksi 0,66%. Saham perbankan yang turun selain Bank Mandiri, seperti Bank Central Asia (BBCA) turun 0,40% menjadi Rp 31.375 per saham, serta saham Bank Rakyat Indonesia (BBRI) yang turun 0,47% menjadi Rp 4.280 per saham.

Kemudian saham Bank Negara Indonesia (BBNI) juga bergerak di zona negatif dengan turun 0,95% menjadi Rp 7.825 per saham; saham Bank CIMB Niaga (BNGA) juga terkoreksi 0,48% menjadi Rp 1.030 per saham. Bank OCBC NISP (NISP) juga tercatat turun 1,74% menjadi Rp 845 per saham.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...