Minder dengan Nadiem, Sri Mulyani Tak Ingin Seperti Dinosaurus

Penulis: Agatha Olivia Victoria

Editor: Yuliawati

29/10/2019, 18.14 WIB

Nadiem yang berusia 35 tahun mengingatkan Sri Mulyani harus siap dengan perubahan.

Sri Mulyani, Nadiem Makarim, dinosaurus
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Istana Kepresidenan, Jakarta (22/10/2019).

Sri Mulyani Indrawati membagi pengalamannya saat pelantikan kembali menjadi Menteri Keuangan di kabinet Jokowi-Ma'ruf pada Rabu (23/9) lalu. Saat presiden melantik, Sri Mulyani berdampingan dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

Berdampingan dengan Nadiem membuat Sri Mulyani sempat minder. Nadiem yang berusia 35 tahun mengingatkan dirinya yang berumur 57 merasa semakin tua. Meski tua, Sri Mulyani harus bersiap menghadapi perubahan.

"Saya tidak tahu kenapa berada di sebelahnya Nadiem. Mungkin untuk menyindir saya. Tapi itu yang ingin saya ingatkan, kalau kita tidak berubah, kita akan punah seperti dinosaurus," kata Sri Mulyani dalam acara Kerja Nyata Untuk Indonesia di Gedung Kementerian Keuangan, Selasa (29/10).

(Baca: Jadi Menkeu Periode ke-2, Sri Mulyani Fokus pada Efektivitas Belanja)

Sri Mulyani mengingatkan bahwa kelak dirinya juga akan mengalami masa regenerasi. Ia menekankan bahwa siapa pun bisa membangun Indonesia baik tua maupun muda.

Maka dari itu, ia pun mengingatkan para jajarannya agar terus melakukan inovasi. Bahkan dirinya menganjurkan para pegawainya untuk makan siang bersama orang yang berbeda setiap harinya.

(Baca: Tantangan Global Berat, Sri Mulyani Dinilai Tepat Pimpin Kemenkeu Lagi)

Sehingga, para jajaran Kemenkeu mendapatkan ide baru dari orang yang berbeda-beda. Selain itu, ia juga meminta agar seluruh ruangan kerja di kementeriannya tidak dalam bentuk meja yang penuh dengan sekat. Sehingga para pegawai bisa membagi ilmu dan ide saat bekerja dengan teman sesamanya.

Ia juga meminta para pegawainya untuk mengubah kebiasaan menggunakan kertas hingga botol plastik pada saat melakukan pertemuan. "Makanya jangan pernah anda berpikir dengan menteri yang sama dan wakil menteri yang dari dalam, anda bisa hidup tenang. Saya minta seluruh pegawai terbiasa dengan perubahan," ucap dia.

Mantan CEO Gojek Indonesia, Nadiem, merupakan menteri termuda kabinet Indonesia maju. Selain Nadiem, ada pula Angela Tanoesoedibjo yang baru berusia 32 tahun dan dilantik sebagai Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

(Baca: Kemenkeu: Defisit Anggaran Tahun Ini Diperkirakan Melebar Hingga 2,2%)

Reporter: Agatha Olivia Victoria

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan