Komisi III DPR Sebut Uji Kelayakan Calon Kapolri Sekadar Formalitas

Dimas Jarot Bayu
30 Oktober 2019, 14:04
calon kapolri, uji kelayakan dan ketuhan, idham azis
ANTARA FOTO/Reno Esnir
Ketua Komisi III DPR Herman Hery (keempat kiri depan) bersama sejumlah anggota berfoto dengan Kabareskrim Polri Komjen Pol Idham Aziz (keempat kanan depan) di kediaman pribadi Idham Azis di Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Komisi III DPR RI telah selesai mewawancarai keluarga calon Kapolri Komjen (Pol) Idham Azis di kediamannya di kawasan Panglima Polim, Jakarta, Rabu (30/10). Komisi III mewawancarai keluarga Idham berkaitan dengan hal-hal personal sekitar satu jam.

Dari hasil wawancara tersebut, Komisi III menyatakan cukup puas dengan jawaban yang diberikan keluarga Idham. Ketua Komisi III Herman Herry merasa yakin Idham akan mampu menjalankan amanahnya sebagai Kapolri di waktu mendatang.

“Kami berharap semoga Allah SWT selalu melindungi keluarga ini dan diizinkan untuk jadi Kapolri,” kata Herman.

(Baca: Komisi III DPR Gali Latar Belakang Personal Calon Kapolri Idham Azis)

Herman mengatakan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) yang bakal dilakukan pada pukul 14.00 WIB hanya akan menjadi formalitas. Sebab, seluruh jawaban terkait integritas pribadi Idham sudah terjawab ketika wawancara dengan keluarganya.

Herry mengatakan, integritas pribadi yang akan menentukan amanah atau tidaknya seorang Kapolri. “Kalau soal penugasan itu sudah ada rumusan baku, tinggal jalan saja kok,” kata Herry.

(Baca: Idham Azis, Calon Tunggal Kapolri yang Pernah Lumpuhkan Azahari)

Sementara itu Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond Junaidi Mahesa mengatakan Komjen Pol Ari Dono Sukmanto yang saat ini menjabat sebagai Pelaksana Tugas Kapolri, tidak lama lagi akan memasuki masa pensiun. Sehingga komisi III akan mempercepat proses pemilihan Kapolri.

"Karena persoalan kekosongan jabatan Kapolri karena Pak Wakapolri mau pensiun bulan Desember ini," kata Desmond.

Kunjungan Komisi III DPR RI ke kediaman Idham Azis pada Rabu pagi ini merupakan rangkaian uji kelayakan dan kepatutan yang harus dijalani Idham Azis sebagai calon Kapolri.

(Baca: Jokowi Ajukan Idham Azis sebagai Calon Tunggal Kapolri)

Komisi III DPR pun meminta masyarakat untuk turut memberi masukan mengenai Idham Azis. Sementara Idham meminta doa restu dari masyarakat sehingga proses uji kelaikan dan kepatuhan berjalan mulus.

Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...