Indonesia Punya 312 Lapangan Panas Bumi, Bisa Jadi Sumber Energi Baru

Image title
31 Oktober 2019, 12:10
METI menyebut Indonesia punya potensi 312 lapangan panas bumi yang bisa dikembangkan jadi sumber energi terbarukan
ANTARA FOTO/ANIS EFIZUDIN
Ilustrasi, potensi panas bumi (geothermal) dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP). METI menyebut Indonesia punya potensi 312 lapangan panas bumi yang bisa dikembangkan jadi sumber energi terbarukan.

Masyarakat Energi Baru Terbarukan Indonesia (METI) menyebutkan, Indonesia memiliki potensi 312 lapangan panas bumi. Dari jumlah tersebut, baru 70 lapangan yang menjadi Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP). Sisanya bisa dikembangkan menjadi sumber energi terbarukan.

Ketua Umum METI Surya Darma menilai,‎ program pengeboran eksplorasi oleh pemerintah atau government drilling WKP merupakan langkah yang bagus untuk menjaring investor. Namun, menurutnya tidak mudah bagi pemerintah mengeksplorasi seluruh 312 lapangan tersebut.

Karena itu, menurut dia perlu ada keterlibatan swasta. "Bagi kami, lebih senang kalau sudah ada kepastian, baru ditender. Jadi tidak ada risiko eksplorasi," kata dia di Jakarta, Rabu (30/10).

Ia menjelaskan, eksplorasi panas bumi selain menggunakan program government drilling, sulit untuk dilakukan saat ini. Sebab, kemampuan pemerintah terbatas.

Apalagi, pemerintah punya program penugasan langsung untuk menggarap WKP. Perusahaan yang mendapat penugasan dapat melakukan kajian atas WKP dan dapat mengajukan penawaran jika tertarik.

(Baca: Hingga September, Kapasitas Panas Bumi Capai 2003,3 MW)

Namun, ia menilai upaya pemerintah dalam menggenjot eksplorasi WKP lewat program penugasan, belum maksimal. “Penugasan dari eksplorasi sampai pendahuluan, sampai sekarang kan belum ada yang jalan. Maksudnya, eksplorasi ke driling kan belum," katanya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...