Siasat Pengganti Jack Ma Capai 1 Miliar Pengguna Alibaba pada 2024

Desy Setyowati
5 November 2019, 11:05
Alibaba menargetkan 1 miliar pengguna pada akhir 2024.
Katadata | Istimewa
Ilustrasi, pengganti Jack Ma, CEO Alibaba Daniel Zang. Alibaba menargetkan 1 miliar pengguna pada akhir 2024.

Pengganti Jack Ma, Daniel Zang menargetkan, Alibaba Group Holding Limited punya lebih dari satu miliar pengguna pada akhir tahun fiskal 2024. Nilai transaksi (Gross Merchandise Volume/GMV) pun dibidik mencapai 10 triliun yuan atau sekitar US$ 1,41 triliun (Rp 19.740 triliun).

“Terkait dengan target melampaui GMV 10 triliun renminbi, menurut saya, pendorong paling penting adalah terus menghadirkan para pengguna kami semua dan apapun yang mereka butuhkan, kapanpun itu,” kata Chairman sekaligus CEO Alibaba Group Daniel Zhang dalam siaran pers, kemarin (4/11).

Karena itu, ia berfokus pada perluasan kategori produk dan meningkatkan pengalaman pengguna di platform Alibaba. Hal ini bertujuan untuk menghubungkan gaya hidup dan konsumsi konsumen dengan perusahaan.

“Kami harus membangun basis pengguna dan memperluas kategori produk kami. Kami sangat percaya diri dan bersungguh-sungguh dalam upaya kami untuk mencapai target-target ini,” kata Daniel.

(Baca: Pengguna Capai 785 Juta, Pendapatan Alibaba Tembus Rp 233,1 Triliun)

Alibaba memiliki 785 juta pengguna aktif bulanan (month active user/MAU) per September atau naik 30 juta dibanding Juni. Begitu juga dengan jumlah konsumen aktif tahunan marketplace Alibaba di Tiongkok mencapai 693 juta, naik 19 juta dibanding Juni 2018.

Tepat pada hari jadi Alibaba yang ke-20 tahun, Jack Ma resmi mengundurkan diri dan mengangkat Daniel sebagai CEO pada September lalu. Daniel optimistis, Alibaba bisa tumbuh dan menjadi perusahaan bertanggung jawab hingga berusia 102 tahun.

Definisi bertanggung jawab adalah berkontribusi positif terhadap masyarakat. Daniel menjelaskan, perusahaan juga ingin mendukung para pengguna dan industri secara berkelanjutan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...