Siasat Pengganti Jack Ma Capai 1 Miliar Pengguna Alibaba pada 2024

Penulis: Desy Setyowati

5/11/2019, 11.05 WIB

CEO Alibaba Daniel Zang juga menargetkan nilai transaksi 10 triliun renminbi atau sekitar Rp 19.740 triliun pada akhir 2024.

Alibaba menargetkan 1 miliar pengguna pada akhir 2024.
Katadata | Istimewa
Ilustrasi, pengganti Jack Ma, CEO Alibaba Daniel Zang. Alibaba menargetkan 1 miliar pengguna pada akhir 2024.

Pengganti Jack Ma, Daniel Zang menargetkan, Alibaba Group Holding Limited punya lebih dari satu miliar pengguna pada akhir tahun fiskal 2024. Nilai transaksi (Gross Merchandise Volume/GMV) pun dibidik mencapai 10 triliun yuan atau sekitar US$ 1,41 triliun (Rp 19.740 triliun).

“Terkait dengan target melampaui GMV 10 triliun renminbi, menurut saya, pendorong paling penting adalah terus menghadirkan para pengguna kami semua dan apapun yang mereka butuhkan, kapanpun itu,” kata Chairman sekaligus CEO Alibaba Group Daniel Zhang dalam siaran pers, kemarin (4/11).

Karena itu, ia berfokus pada perluasan kategori produk dan meningkatkan pengalaman pengguna di platform Alibaba. Hal ini bertujuan untuk menghubungkan gaya hidup dan konsumsi konsumen dengan perusahaan.

“Kami harus membangun basis pengguna dan memperluas kategori produk kami. Kami sangat percaya diri dan bersungguh-sungguh dalam upaya kami untuk mencapai target-target ini,” kata Daniel.

(Baca: Pengguna Capai 785 Juta, Pendapatan Alibaba Tembus Rp 233,1 Triliun)

Alibaba memiliki 785 juta pengguna aktif bulanan (month active user/MAU) per September atau naik 30 juta dibanding Juni. Begitu juga dengan jumlah konsumen aktif tahunan marketplace Alibaba di Tiongkok mencapai 693 juta, naik 19 juta dibanding Juni 2018.

Tepat pada hari jadi Alibaba yang ke-20 tahun, Jack Ma resmi mengundurkan diri dan mengangkat Daniel sebagai CEO pada September lalu. Daniel optimistis, Alibaba bisa tumbuh dan menjadi perusahaan bertanggung jawab hingga berusia 102 tahun.

Definisi bertanggung jawab adalah berkontribusi positif terhadap masyarakat. Daniel menjelaskan, perusahaan juga ingin mendukung para pengguna dan industri secara berkelanjutan.

Ia juga optimistis, perusahaannya bakal memiliki lebih dari satu miliar pengguna pada akhir 2024. “Kami melihat kesempatan besar itu. Tiap tahun, kami melihat begitu banyak pengguna baru,” kata dia.

Berdasarkan data internal Alibaba, generasi baru sudah mengakses platform mereka. Daniel optimistis, mereka tidak akan berhenti menggunakan Alibaba hingga berusia 60 tahun. “Mereka akan membentuk gaya hidup yang sama sekali berbeda dari yang kita ketahui,” katanya.

(Baca: Transaksi Capai Rp 12.283 Triliun, Pendapatan Alibaba Tumbuh 51%)

Secara keseluruhan, dia akan menerapkan tiga strategi utama untuk mencapai target-target tersebut. Pertama, terus melebarkan basis konsumen di Tiongkok dan seluruh dunia. Kedua, selalu mendiversifikasi dan mengembangkan penawaran produk dan layanan guna memenuhi kebutuhan para konsumen di berbagai aspek kehidupan.

Terakhir, memberdayakan para klien perusahaan untuk bisa lebih baik dalam melayani konsumen. Alibaba juga berfokus membantu klien menerapkan data technology menggunakan layanan infrastruktur perusahaan.

Dengan begitu, klien mentransformasikan operasional usaha mereka dan benar-benar menjadi perusahaan berbasis teknologi. “Saya percaya ini akan menjadi penggerak utama yang membantu kami mewujudkan target-target dan tujuan-tujuan kami,” kata dia.

(Baca: Pecahkan Rekor 11.11, Transaksi Online Alibaba Capai Rp 458,9 Triliun)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan