Sri Mulyani Mulai Investigasi Aliran Anggaran Dana ke Desa 'Siluman'

Rizky Alika
7 November 2019, 17:03
Menteri Keuangan  Sri Mulyani
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mulai menginvestigasi kasus desa tak berpenghuni yang mengincar anggaran dana desa.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mulai menginvestigasi kasus desa tak berpenghuni yang mengincar anggaran dana desa.

Direktur Jenderal Anggaran Askolani mengatakan, Sri Mulyani tengah mengkaji kasus tersebut dengan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan yang  selama ini bertugas mengurus anggaran dana desa.

"Lagi diminta Ibu (Sri Mulyani) review ke Ditjen Perimbangan Keuangan," kata dia di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (7/11).

Menurut dia,  hasil kajian tersebut akan dikoordinasikan di antara pemerintah. Kajian tersebut pun akan menjadi pertimbangan untuk mengambil kebijakan terkait anggaran dana desa ke depan. 

(Baca: Istana Mulai Korek Informasi Dugaan Desa 'Siluman' )

Kabar adanya desa 'siluman' ini awalnya disampaikan Sri Mulyani. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menerima informasi adanya desa tidak memiliki penduduk, tetapi memanfaatkan transfer uang rutin dari pemerintah.

Ia pun berjanji menginvestigasi desa tak berpenghuni ini bersama Kementerian Dalam Negeri. Dalam penyelidikan tersebut, pemerintah akan mencari tahu prosedur penerimaan dana desa oleh wilayah tak berpenghuni tersebut dan menginvestigasi para pengurus desa.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...