Melemah Pagi Ini, Rupiah Berpeluang Menguat Berkat Progres AS-Tiongkok

Agustiyanti
8 November 2019, 09:57
rupiah melemah, rupiah menguat, perang dagang
Arief Kamaludin (Katadata)
Ilustrasi. Nilai tukar rupiah pada perdagangan pagi ini bergerak melemah kembali ke level Rp 14 ribu per dolar AS.

Nilai tukar rupiah pada perdagangan pagi ini bergerak melemah kembali ke level 14 ribu per dolar Amerika Serikat. Rupiah melemah di tengah rencana Amerika dan Tiongkok sepakat untuk membatalkan tarif usai meneken kesepakatan dagang tahap I. 

Mengutip Bloomberg, rupiah dibuka di level 14.009 dan bergerak melemah ke posisi 14.025 pada pukul 09.30 WIB. Sementara itu, mata uang Asia bergerak bervariasi terhadap dolar AS. Ringgit Malaysia melemah 0,23 %, yuan Tiongkok turun 0,04 %, peso Filipina lemas 0,03 %, dan dolar Singapura lunglai 0,09 %.

Di sisi lain, Yen Jepang menguat 0,07 %, baht Thailand naik 0,06%, won Korea melaju 0,23%, dan dolar Hong Kong meningkat 0,01 %. Indeks dolar melemah 0,03 % ke posisi 98,11, setelah sebelumnya sempat bergerak menguat. 

(Baca: Pasar Modal dan Dolar AS Menguat, Harga Emas Antam Turun Rp 5.000/Gram)

Meski pagi ini rupiah bergerak melemah,  Kepala Riset PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra menilai rupiah masih berpeluang bergerak menguat hari ini. 

"Sentimen positif dai negosiasi dagang AS dan Tiongkok masih berlanjut dan hari ini dapat menjadi faktor penguat rupiah," ujar Ariston kepada Katadata.co.id, Jumat (8/11)

Seperti dikutip dari Reuters, Tiongkok dan AS sepakat untuk menarik kembali kebijakan tarif dagang kedua negara. Pelaksanaan kesepakatan tersebut berlaku jika fase pertama perundingan dagang selesai.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...