Bulog Batal Impor Daging Sapi Brasil, Mendag Bakal Evaluasi

Rizky Alika
11 November 2019, 14:06
Menteri Perdagangan akan mengkaji perlu tidaknya mengimpor daging sapi dari Brasil
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi, seorang pedagang daging sapi menimbang dagangannya di Pasar Minggu, Jakarta (14/10/2019). Menteri Perdagangan akan mengkaji perlu tidaknya mengimpor daging sapi dari Brasil.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto berencana mengevaluasi stok dan kebutuhan daging sapi di dalam negeri. Hal ini merespons Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) yang batal mengimpor daging sapi dari Brasil.

"Nanti kami akan evaluasi,” kata Agus di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin (11/11). Sebab, menurut dia impor bertujuan mengisi kekosongan persediaan di dalam negeri.

Advertisement

Agus menjelaskan, impor tidak diperlukan bila kekurangan persediaan di dalam negeri bisa disubstitusi dengan produk lain. Namun, hal tersebut perlu dikaji terlebih dulu.

Sebagaimana diketahui, Bulog batal mengimpor 30 ribu ton daging sapi asal Brasil. Padahal, Bulog mendapat penugasan impor berdasarkan hasil rapat koordinasi oleh beberapa kementerian di kantor Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

(Baca: Bulog Batal Impor Daging Sapi Brasil Tahun Ini, Buwas: Mubazir!)

Sebelumnya, Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan stok daging di dalam negeri sudah mencukupi. Lagi pula, tenggat waktu impor tidak memungkinkan dilakukan.

Pria yang akrab disapa Buwas ini menuturkan, kebutuhan daging sapi di dalam negeri cukup besar. Selain itu, ia khawatir impor bisa berdampak negatif bagi masyarakat khususnya peternak dan pelaku usaha.

Karena itu, ia mengaku belum mengimpor daging sapi asal Brasil sama sekali. “Penugasannya sudah ada, tapi memang belum bisa dilakukan karena waktunya mepet," kata dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement