Bulog Batal Impor Daging Sapi Brasil Tahun Ini, Buwas: Mubazir!

Image title
Oleh Ekarina
1 November 2019, 16:38
Ilustrasi daging sapi impor. Perum Bulog menyatakan tak mengimpor daging sapi Brasil tahun ini karena stok daging dalam negeri yang diprediksi masih mencukupi.
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi daging sapi impor. Perum Bulog menyatakan tak mengimpor daging sapi Brasil tahun ini karena stok daging dalam negeri yang diprediksi masih mencukupi.

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso menyatakan tak akan mendatangkan daging sapi impor asal Brasil tahun ini. Hal tersebut dikarenakan, stok daging di dalam negeri dinilai sudah mencukupi serta tenggat waktu impor yang sudah tidak memungkinkan.

Sebelumnya, Bulog telah diberi penugasan untuk mengimpor 30 ribu ton daging sapi Brasil. Penugasan itu ditetapkan berdasarkan hasil rapat koordinasi terbatas (rakortas) dengan sejumlah kementerian/lembaga di kantor Menteri Koordinator Perekonomian.

Selain Bulog, pemerintah juga menugaskan dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lainnya yaitu PT Berdikari dan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) (Persero) dengan masing-masing kuota impor 10 ribu ton daging. Sehingga total, kuota daging sapi impor dari Brasil yang seharusnya didatangkan tahun ini sebesar 50 ribu ton.

(Baca: Berdikari Targetkan Impor Daging Brasil Masuk Pekan Kedua November)

Namun demikian, pria yang akrab disapa Buwas ini menuturkan, kebutuhan daging sapi di dalam negeri masih cukup besar. Selain itu, dirinya juga mengaku khawatir impor bisa berefek negatif bagi masyarakat khususnya peternak dan pelaku usaha.

"Sampai hari ini saya belum mengimpor barang sekilo daging sapi pun. Penugasannya sudah ada, tapi memang belum bisa dilakukan karena waktunya mepet," kata dia di Jakarta, Jumat (1/1).

Dia pun menjelaskan tidak mungkin mengimpor daging dari Brasil saat ini. Sebab, waktu pengiriman daging dari Negeri Samba sangat lama hingga 47 hari dan belum termasuk berbagai proses impor.

Sehingga, dia menilai impor daging sapi Brasil lebih baik diundur hingga tahun depan, sambil melihat dan menghitung ulang jumlah kebutuhan daging dalam negeri.

(Baca: Kemendag bisa Terbitkan Satu Izin Impor Daging Sapi Brasil Pekan Depan)

Buwas beralasan, pasokan daging dalam negeri saat ini cukup melimpah. Pasalnya pemerintah sudah memiliki stok daging kerbau impor dari India, daging sapi impor dari Australia, belum lagi daging sapi lokal atau daging impor yang didatangkan PT Berdikari. "Nah kalau kita impor lagi, ini kan bisa mubazir. Karena nanti terlalu banyak," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...