Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Singapore Tourism Board Gandeng GoTix

Image title
11 November 2019, 21:46
gotix, singapura, wisata
123RF.com/Phuong Nguyen Duy
Ilustrasi Singapura. Singapore Tourism Board menggandeng GoTix dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan Indonesia ke Singapura.

Singapore Tourism Board (STB) menjalin kerja sama dengan platform penyedia tiket online asal Indonesia, GoTix. Kerja sama itu dimaksudkan untuk meningkatkan jumlah wisatawan asal Indonesia ke Singapura.

Kerja sama antara GoTix dan STB berupa dukungan untuk memasarkan konten untuk produk spesifik Singapura yang tercantum dalam platform GoTix.

"Kami akan bekerjasama dengan GoTix untuk memastikan bahwa mereka memiliki konten dan sarana yang sesuai untuk menginformasikan event-event dan atraksi terbaru di Singapura," ujar Area Director Indonesia Singapore Tourism Board Mohamed Firhan Abdul Salam saat menggelar konferensi pers di Jakarta, Senin (11/11).

Wisatasan asal Indonesia yang berkunjung ke Singapura memiliki karakteristik yang unik. STB mencatat jumlah kunjungan wisatawan ke Singapura pada semester I 2019 mencapai 9,3 juta orang, yang 1,5 juta di antaranya adalah wisatawan asal Indonesia. Jumlah wisatawan Indonesia tersebut hanya naik 2% dalam setahun, namun jumlah spending-nya meningkat 8%.

(Baca: Devisa Pariwisata Ditarget US$ 20 Miliar, JFW Jadi Agenda Nasional)

Indonesia tercatat sebagai negara dengan wisatawan terbanyak berkunjung ke Singapura setelah Tiongkok. Pada 2018, jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Singapura mencapai 3 juta orang dan menghabiskan belanja sebanyak SG$ 1,5 miliar.

Biaya belanja wisatawan Indonesia di Singapura terdiri dari 31% biaya akomodasi, 14% dari konsumsi makanan dan minuman, dan 8% dari komponen lain dari tanda terima wisata. Sisanya sebanyak 36% berasal dari pengeluaran untuk tiket pesawat, pajak pelabuhan, transportasi lokal, bisnis, medis, pendidikan, dan pengunjung transit.

VP Consumer Solution LOKET Rama Adrian menjelaskan bahwa hal yang menarik bagi urban traveler dari Indonesia untuk berlibur ke Singapura adalah event-event menarik di sana. Seperti pertandingan olahraga, konser musik dan atraksi lainnya. Melalui kerja sama itu, wisatawan dapat memesan tiket melalui platform GoTix.

"Saat ini jumlah tiket eventnya masih sedikit, tapi dengan kerja sama ini pasti akan bertambah. Contohnya, saat gelaran International Champions Cup yang mempertemukan Manchester United dan Inter Milan, penonton terbanyak dari Indonesia," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...