Erick Thohir Janji Tak Rombak Direksi BUMN yang Kinerjanya Bagus

Image title
13 November 2019, 16:02
Erick Thohir, BUMN
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi, Erick Thohir saat berjalan memasuki Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019). Erick tidak akan mengganti direksi BUMN yang kinerjanya baik.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menyebut Erick Thohir mengevaluasi seluruh jajaran direksi perusahaan plat merah. Jika kinerjanya dianggap baik, maka Erick tidak akan merombak jajaran pimpinan BUMN. 

Selain itu, pihaknya juga tidak akan mengganti direksi BUMN yang mendukung visi misi Presiden Joko Widodo. "Kalau kinerjanya sudah bagus, memang perform-nya makin baik, dianggap bisa mendukung Jokowi sih oke," kata Arya saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Rabu (13/11).

Pada tahun lalu, sejumlah BUMN berhasil mencatatkan kinerja yang baik. Databoks mencatat ada 10 BUMN yang memberikan dividen terbesar bagi negara.

Pada urutan pertama ditempati PT Telekomunikasi Indonesia Tbk yang membagikan dividen sebesar Rp 16,23 triliun. Dividen Telkom tersebut mencerminkan dividend pay out ratio sebesar 90% dari laba bersih 2018 sebesar Rp 18,03 triliun.

Kemudian, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk berada di urutan kedua BUMN pembagi dividen terbesar, yakni Rp 16,17 triliun. PT Bank Mandiri Tbk di posisi ketiga dengan dividen sebesar Rp 11,25 triliun.

PT Pertamina (Persero) di urutan keempat dengan dividen sebesar Rp 7,95 triliun. Adapun PT Bukit Asam Tbk di urutan kelima dengan dividen sebesar Rp 3,76 triliun. Data selengkapnya dalam grafik di bawah ini :

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...