Penerima Kartu Prakerja Dapat Fasilitas Kursus Hingga Rp 7 Juta

Rizky Alika
13 November 2019, 15:23
Pencari kerja antre memasuki aula pameran “Job Fair 2019” yang digelar Pemerintah Kota Banda Aceh di Gedung Amel Convention Banda Aceh, Aceh, Rabu (25/9/2019). Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan pada awal tahun 2019, Tingkat Pengangguran Terbuka
ANTARA FOTO/Irwansyah Putra
Ilusrasi pencari kerja. Pemerintah mengalokasikan anggaran untuk kartu prakerja dalam APBN 2019 mencapai Rp 10 triliun.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, penerima kartu prakerja akan mendapatkan fasilitas senilai Rp 3-7 juta per kursus. Fasilitas tersebut dapat bervariasi bergantung kebutuhan masing-masing peserta.

"Ada yang Rp 900 ribu, ada yang Rp 300 ribu dan ada yang di atas itu. Itu Rp 3-7 juta sebagai rata-rata" kata dia di Rapat Koordinasi Nasional Indonesia Maju di Sentul International Convention Center, Bogor, Rabu (13/11).

Advertisement

Ia mencontohkan, biaya pelatihan untuk barista selama satu minggu lebih murah dibandingkan biaya pelatihan coding. Adapun pemerintah masih memperhitungkan total manfaat yang akan diperoleh setiap penerima kartu prakerja.

Pelatihan kepada penerima kartu prakerja akan dibagi menjadi tiga, yaitu skilling, upskilling, dan reskilling. Pelatihan reskilling akan diberikan untuk pekerja yang menjadi korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

(Baca: Jokowi Minta Peserta Kartu Prakerja Ikut Kursus Barista hingga Coding)

Pendaftaran kartu prakerja dapat dilakukan secara online sehingga masyarakat di kota besar dan daerah akan mendapatkan kesempatan yang sama. Sementara itu, pelatihan akan disediakan secara online dan offline.

Pemerintah juga bekerja sama dengan Project Management Office (PMO). Hal ini akan dituangkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) yang tengah dipersiapkan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement