Nasib Blok NSB Belum Diputus, Pengamat: Posisi Pertamina Serba Salah

Image title
15 November 2019, 20:43
Blok Migas Pertamina Hulu Energi
Pertamina Hulu Energi
Ilustrasi Blok Migas

Kelanjutan pengelolaan Blok North Sumatera B (NSB) belum juga diputus. Meskipun, Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) dan Pertamina Hulu Energi (PHE) sudah menggelar pertemuan pada Kamis lalu, 14 November 2019.

Pelaksana Tugas Dirjen Migas Djoko Siswanto belum bisa memberikan kepastian mengenai kelanjutan pengelolaan blok migas tersebut. "Sedang diproses, tunggu saja," ujar dia kepada Katadata.co.id, Jumat (15/11).

Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H. Samsu juga mengisyaratkan belum adanya kepastian terkait Blok NSB. "Yang penting buat kami PHE NSB akan tetap menjaga kelangsungan operasi dengan sebaik-baiknya," kata dia.

(Baca: Kementerian ESDM Panggil BPMA dan Pertamina Bahas Nasib Blok NSB)

Pertamina mengelola Blok NSB dengan kontrak sementara sejak Oktober 2018. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral sudah dua kali memperpanjang kontrak sementara tersebut. Terakhir kali, kontrak diperpanjang selama 45 hari, berlaku sejak 4 Oktober lalu.

Perpanjangan kontrak sementara ini lantaran Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh masih berdiskusi alot mengenai skema kontrak bagi hasil yang akan diterapkan dalam pengelolaan blok tersebut ke depan.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...