Lima Langkah Memulai Investasi bagi Milenial

Hari Widowati
16 November 2019, 10:15
tips investasi untuk milenial, cara investasi untuk milenial, investasi, reksa dana, saham, obligasi, risiko investasi, investasi yang cocok untuk milenial
123RF.com/Thananit Suntiviriyanon
Ilustrasi investasi. Generasi muda harus mulai berinvestasi untuk meningkatkan kekayaan dan mencapai tujuan keuangannya di masa depan.

Generasi milenial kerap dituding sebagai generasi yang lebih mengutamakan kenyamanan gaya hidup. Survei yang dilakukan oleh Luno, sebuah perusahaan pertukaran aset kripto, menyebut 69% generasi milenial tidak memiliki strategi investasi.

Padahal, investasi penting untuk meningkatkan kekayaan agar hidup kita lebih sejahtera di masa depan. Nah, sebenarnya apa yang dimaksud dengan investasi dan bagaimana cara berinvestasi? Simak penjelasan dari Presiden Direktur PT Manulife Aset Manajemen Indonesia, Legowo Kusumonegoro, berikut ini.

Advertisement

1. Memahami pengertian investasi

Menurut Legowo, investasi adalah kegiatan membeli aset atau produk untuk masa depan dengan harapan aset tersebut kelak dapat dijual dengan harga yang lebih tinggi. Artinya, aset tersebut memberikan keuntungan atau penghasilan di masa depan. Investasi pada aset apa saja yang bisa menghasilkan keuntungan? Misalnya, reksa dana, saham, obligasi, maupun properti.

2. Apa bedanya investasi dan menabung?

Sebagian generasi milenial merasa sudah berinvestasi karena memiliki tabungan di bank. Namun, ada perbedaan signifikan antara investasi dan menabung. "Untuk membahas pertanyaan ini, sebaiknya kita pahami dulu inflasi dan dan dampaknya terhadap uang kita," kata Legowo, di Jakarta.

Inflasi adalah kenaikan harga barang atau jasa dalam periode tertentu. Angka inflasi sering dinyatakan dalam satuan persentase. Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan, inflasi tahunan Oktober 2019 terhadap Oktober 2018 sebesar 3,20%. Hal ini berarti dalam setahun terakhir harga barang atau jasa naik sebesar 3,2%. Bisa juga diartikan bahwa daya beli uang kita menurun sebesar 3,2% dalam setahun terakhir.

Investasi maupun menabung merupakan kegiatan menyimpan uang yang dimiliki saat ini untuk di gunakan di masa depan. Bedanya, menabung bertujuan untuk menjaga uang kita tetap aman dan mudah digunakan untuk transaksi sewaktu-waktu. Tabungan di bank mendapatkan bunga relatif kecil sekitar 2%, itupun belum dikurangi pajak dan biaya administrasi. Dengan tingkat inflasi yang lebih tinggi daripada bunga tabungan, daya beli uang yang kita simpan di tabungan menurun karena tergerus inflasi.

Sementara itu, investasi berarti uang kita ditempatkan pada berbagai aset investasi, seperti saham, obligasi atau properti dengan harapan aset tersebut akan bekerja dan memberikan keuntungan yang lebih tinggi daripada inflasi. Dengan demikian, nilai uang kita pun akan terus bertambah.

(Baca: Peluang Investasi Emas Digital dan Aturan Mainnya di Bappebti)

IHSG DITUTUP MENGUAT
Papan  informasi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

3. Mengapa anak muda harus berinvestasi?

Legowo menyebut ada tiga alasan mengapa anak muda atau generasi milenial harus berinvestasi. Pertama, untuk meningkatkan kekayaan. "Gunakan uang Anda untuk membeli aset investasi yang akan terus bekerja," ujarnya. Jika tidak berinvestasi, kita akan kehilangan kesempatan untuk meningkatkan kekayaan.

Kedua, mewujudkan tujuan keuangan. Investasi dapat membantu Anda mencapai berbagai tujuan keuangan, seperti membeli mobil, rumah, memulai bisnis, menyiapkan dana pernikahan, dana untuk pendidikan anak, atau dana untuk liburan.

Ketiga, menciptakan gaya hidup. Legowo menyatakan, dengan berinvestasi sejak dini, generasi muda memiliki waktu yang cukup untuk belajar dan berproses sehingga tercipta gaya hidup yang sederhana. Tujuannya bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan hari ini tetapi juga kebutuhan di masa depan. "Semakin panjang jangka waktunya, hasil investasi akan semakin optimal," katanya.

(Baca: E-Commerce Berperan Besar Dorong Lonjakan Investor Reksa Dana)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement