Bertemu Menteri Koperasi, Bukalapak Siap Salurkan KUR ke UMKM

Penulis: Desy Setyowati

18/11/2019, 14.33 WIB

Bukalapak telah menggaet lebih dari lima juta pelapak, 1,2 juta warung tradisional, dan 1,3 juta agen.

setelah kredit ultra mikro (umi), bukalapak siap salurkan kur untuk umkm yang menjadi mitra
Bukalapak
Ilustrasi, Salah seorang pemilik warung Mitra Bukalapak Buhari di depan warung miliknya. Bukalapak bakal berfokus pada segmen warung dalam lima tahun ke depan.

Perusahaan e-commerce, Bukalapak menyatakan kesiapannya menjadi mitra pemerintah dalam menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) ke Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Hanya, penyaluran itu berfokus ke UMKM yang menjadi mitra Bukalapak.

Hal itu disampaikan CEO Bukalapak Achmad Zaky usai bertemu dengan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki di Jakarta, hari ini (18/11). Zaky mengatakan, perusahaannya bekerja sama dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyalurkan kredit ultra mikro (UMi) selama setahun terakhir.

Karena itu, ia optimistis Bukalapak bisa menyalurkan KUR. “Secara sistem, kami siap turut menyalurkan KUR,” kata dia di Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, Senin (18/11).

Salah satu unicorn Tanah Air ini siap mendukung seluruh program Kemenkop UKM dalam pemberdayaan dan meningkatkan daya saing UMKM di Indonesia. "Kami berharap bisa membantu pemerintah menyalurkan KUR ke sektor riil dan UKM yang tepat. Pak Teten memberikan respon positif atas masukan kami,” kata dia.

(Baca: Bertemu Bos Bukalapak dan Gojek, Menteri Kominfo Kaji Bisnis Startup)

Saat ini, Bukalapak menggaet lebih dari lima juta pelapak, 1,2 juta warung tradisional, dan 1,3 juta agen. Perusahaan juga memiliki lebih dari 70 juta pengguna.

Zaky menjelaskan, platform e-commerce seperti Bukalapak mengetahui bisnis atau UKM yang prospektif. Dengan begitu, ia optimistis penyaluran KUR bisa tepat sasaran. "Semoga tahun depan Bukalapak sudah bisa menyalurkan KUR,” katanya.

Selain pendanaan, Bukalapak menyatakan kesiapannya untuk bermitra dengan Kemenkop UKM dalam hal pendidikan bagi UMKM. "Kami memiliki kekuatan membangun komunitas bisniS,” kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop UKM Victoria Simanungkalit mengatakan, pemerintah akan terus memberdayakans UMKM secara masif. Hal ini untuk meningkatkan peran UMKM perekonomian nasional.

"Untuk mewujudkan itu, kami tidak bisa jalan sendiri,” kata Victoria. Karena itu, Kemenkop UKM memperkuat sinergi yang salah satunya dengan Bukalapak.

(Baca: Bukalapak Fokus Garap Warung dalam Lima Tahun ke Depan)

Adapun Bukalapak bakal berfokus pada segmen warung dalam lima tahun ke depan. Salah satu unicorn Tanah Air ini mencatat, warung berkontribusi 65-70% terhadap transaksi retail nasional.

“Bisa dibayangkan warung tradisional di kota-kota kecil Indonesia yang tadinya hanya menjual kebutuhan sehari-hari secara perlahan beralih fungsi sebagai sarana untuk mengenalkan adopsi digital,” kata CoFounder sekaligus Presiden Bukalapak Fajrin Rasyid dalam siaran pers, beberapa waktu lalu (8/11).

(Baca: Pemerintah Uji Coba Penyaluran Kredit Ultra-Mikro Lewat Sistem Digital)

Reporter: Antara

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan