Bertemu Menteri Koperasi, Bukalapak Siap Salurkan KUR ke UMKM

Desy Setyowati
18 November 2019, 14:33
setelah kredit ultra mikro (umi), bukalapak siap salurkan kur untuk umkm yang menjadi mitra
Bukalapak
Ilustrasi, Salah seorang pemilik warung Mitra Bukalapak Buhari di depan warung miliknya. Bukalapak bakal berfokus pada segmen warung dalam lima tahun ke depan.

Perusahaan e-commerce, Bukalapak menyatakan kesiapannya menjadi mitra pemerintah dalam menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) ke Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Hanya, penyaluran itu berfokus ke UMKM yang menjadi mitra Bukalapak.

Hal itu disampaikan CEO Bukalapak Achmad Zaky usai bertemu dengan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki di Jakarta, hari ini (18/11). Zaky mengatakan, perusahaannya bekerja sama dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyalurkan kredit ultra mikro (UMi) selama setahun terakhir.

Karena itu, ia optimistis Bukalapak bisa menyalurkan KUR. “Secara sistem, kami siap turut menyalurkan KUR,” kata dia di Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, Senin (18/11).

Salah satu unicorn Tanah Air ini siap mendukung seluruh program Kemenkop UKM dalam pemberdayaan dan meningkatkan daya saing UMKM di Indonesia. "Kami berharap bisa membantu pemerintah menyalurkan KUR ke sektor riil dan UKM yang tepat. Pak Teten memberikan respon positif atas masukan kami,” kata dia.

(Baca: Bertemu Bos Bukalapak dan Gojek, Menteri Kominfo Kaji Bisnis Startup)

Saat ini, Bukalapak menggaet lebih dari lima juta pelapak, 1,2 juta warung tradisional, dan 1,3 juta agen. Perusahaan juga memiliki lebih dari 70 juta pengguna.

Zaky menjelaskan, platform e-commerce seperti Bukalapak mengetahui bisnis atau UKM yang prospektif. Dengan begitu, ia optimistis penyaluran KUR bisa tepat sasaran. "Semoga tahun depan Bukalapak sudah bisa menyalurkan KUR,” katanya.

Selain pendanaan, Bukalapak menyatakan kesiapannya untuk bermitra dengan Kemenkop UKM dalam hal pendidikan bagi UMKM. "Kami memiliki kekuatan membangun komunitas bisniS,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...