Melebihi Instagram, Pengguna TikTok Tembus 1,5 Miliar

Desy Setyowati
19 November 2019, 16:36
media sosial, Tiongkok, TikTok, Instagram,
123RF.com/Opturadesign
Aplikasi TikTok yang di Tiongkok dikenal sebagai Douyin mengumpulkan 1,5 miliar pengguna secara global. Angka ini melampaui jumlah pengguna Instagram yang sebanyak 1 miliar.

Perusahaan riset Sensor Tower melaporkan bahwa media sosial asal Tiongkok, TikTok memiliki 1,5 miliar pengguna. Jumlahnya melebihi unduhan aplikasi Instagram, 1 miliar secara global.

Sensor Tower mengatakan, unduhan aplikasi TikTok merupakan yang terbanyak ketiga untuk kategori non-gim sejak awal tahun ini. Khusus di App Store dan Google Play Store saja, unduhannya mencapai 176,5 juta per Kuartal III-2019.

Advertisement

Sedangkan TikTok merupakan yang terpopuler di toko aplikasi atau pihak ketiga di Tiongkok. “Aplikasi media sosial ini berhasil menembus hegemoni Facebook,” demikian dikutip dari GSM Arena, Selasa (19/11).

Aplikasi TikTok mendapat tanda unduhan miliaran pada Februari 2019. Setelah itu, aplikasi ini diunduh 500 juta lagi dalam kurun waktu tujuh bulan.

(Baca: Setelah Instagram, Giliran TikTok Luncurkan Fitur Belanja)

Selain Tiongkok, India merupakan pasar utama TikTok. Di Negeri Bollywood, aplikasi media sosial itu diunduh 466,8 juta kali di App Store dan Google Play Store. Sedangkan di Negeri Tirai Bambu, unduhannya mencapai 173,2 juta.

Pangsa pasar terbesar ketiga TikTok yakni Amerika Serikat (AS) dengan jumlah unduhan 123,8 juta. Kini, perusahaan memiliki 1,5 miliar pengguna secara global.

Belanja di aplikasi TikTok pun mencapai US$ 115,3 juta selama tahun ini. Di Tiongkok saja, belanjanya diprediksi sekitar US$ 84,5 juta atau mendekati 50% dari total pengeluaran. Di AS mencapai US$ 62,4 juta dan Inggris US$ 6,9 juta.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement