Perang Dagang Berlanjut, Ekspor 5 Komoditas Berpeluang Meningkat ke AS

Image title
19 November 2019, 20:50
Ilustrasi aktivitas di pelabuhan. Kadin menyebut Indonesia mampu mengambil peluang untuk meningkatkan ekspor ke Amerika Serikat (AS) di tengah perang dagang.
ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah
Ilustrasi aktivitas di pelabuhan. Kadin menyebut Indonesia mampu mengambil peluang untuk meningkatkan ekspor ke Amerika Serikat (AS) di tengah perang dagang.

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menyebut Indonesia mampu mengambil peluang untuk meningkatkan ekspor ke Amerika Serikat (AS) di tengah kecamuk perang dagang. Jenis komoditas ekspor yang akan ditingkan itu di antaranya yaitu tekstil, alas sepatu, elektronik, makanan dan minuman, serta furnitur.

"Ini menjadi prioritas. Kami juga sudah meminta perwakilan di AS untuk memfasilitasi," ujar Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Hubungan Internasional, Shinta W. Kamdani di Jakarta, Selasa (19/11).

Advertisement

Menurutnya, perang dagang antara AS dan Tiongkok dapat dimanfaatkan untuk menggenjot perdagangan dan investasi. Pengusaha dapat bersinergi bersama pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Perdagangan. 

(Baca: Ancaman Perang Dagang, Kadin Bentuk Satgas Perdagangan & Investasi)

Skema yang dilakukan dari kerja sama itu yaitu dengan melakukan identifikasi pasar dan memetakan pasar atau market intelligence

Ia menambahkan, sebelum perang dagang terjadi, ekspor Indonesia ke AS dilakukan melalui pihak ketiga dari Singapura dan Jepang sehingga hasil yang didapat tidak dapat maksimal. "Kami buatkan identifikasi pembelinya di sana. Mungkin ada pembeli lain yang tidak kita temui karena melalui pihak ketiga," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement