Realme X2 Pro, Ponsel Pesaing Asus ROG Phone dan OnePlus 7T Pro

Penulis: Hari Widowati

19/11/2019, 08.49 WIB

Realme X2 Pro diperkirakan akan dijual dengan harga mulai dari Rp 6,2 juta.

spesifikasi Realme X2 Pro, smartphone terbaru, Asus ROG Phone II, OnePlus 7T Pro, ponsel flagship, Realme, ponsel berkamera bagus, jadwal rilis Realme X2 Pro
YOUTUBE/GSMARENA
Realme X2 Pro yang memiliki empat kamera belakang dengan kamera utama beresolusi 64 MP akan diluncurkan di Indonesia pada 27 November 2019.

Realme akan meluncurkan telepon seluler pintar (smartphone) kelas atas (flagship) terbarunya, Realme X2 Pro pada 27 November mendatang. Ponsel dengan empat kamera belakang ini disebut-sebut menjadi pesaing Asus ROG Phone II dan OnePlus 7T Pro.

Spesifikasi andalan dari ponsel ini adalah prosesor Snapdragon 855+ dari Qualcomm, refresh rate 90 Hz, empat kamera belakang, dan Super VOOC fast charging yang memungkinkan mengisi baterai penuh dalam waktu 30 menit. Prosesor Snapdragon 855+ yang dipadukan dengan RAM 6GB hingga 12GB akan memudahkan pengguna melakukan beberapa hal sekaligus dan berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain tanpa jeda.

Refresh rate 90 Hz membantu ponsel ini memroses gambar yang muncul di monitor lebih cepat. Kapasitas penyimpanan internalnya cukup lapang, yakni 64GB atau 256GB. Namun, di ponsel ini tidak tersedia slot tambahan untuk kartu memori.

Menurut gsmarena.com, di bagian belakang ponsel Realme X2 Pro terdapat empat kamera. Kamera utama beresolusi 64 megapiksel (MP) dengan sensor Samsung GW1, lensa tele dengan resolusi 13 MP, lensa ultrawide dengan resolusi 8 MP, dan kamera 2 MP dengan depth sensor untuk memperoleh efek bokeh. Di bagian depan, terdapat kamera dengan resolusi 16 MP.

(Baca: iPhone 12 Siap Meluncur Tahun Depan, Desain Mini dengan Sudut Tajam)

Pertama Diluncurkan di Eropa dan Tiongkok

Indonesia bukanlah negara pertama tujuan peluncuran ponsel terbaru Realme ini. Menurut cnbc.com, Realme X2 Pro sudah diluncurkan di Eropa dan Tiongkok pada akhir Oktober lalu. Ponsel ini akan diluncurkan di India pada 20 November dan Indonesia pada 27 November 2019.

Kehadiran ponsel ini di Indonesia didukung kesuksesan penjualan Realme. Public Relation Manager Realme Indonesia, Krisva Angnieszca, mengatakan selama setahun hadir di Indonesia, Realme berhasil menduduki empat besar ponsel pintar terlaris di Indonesia pada kuartal ketiga 2019. “Berdasarkan data IDC, Realme sekarang di posisi ke-4 top smartphone di Indonesia dengan market share 12,6%," kata Krisva seperti dikutip Liputan6.com.

Berapa harga ponsel Realme X2 Pro? Laman situs Realme Eropa mencantumkan bahwa ponsel Realme X2 Pro tipe RAM 6GB/64GB dijual dengan harga 339 euro atau sekitar Rp 6,2 juta. Adapun tipe 8GB/128GB di harga 449 euro atau sekitar Rp6,9 juta dan tipe RAM 12GB/256GB seharga 499 euro atau Rp 7,7 juta. Harga ponsel ini di Indonesia diperkirakan tidak jauh dari harga yang berlaku di Eropa.

(Baca: HUAWEI Mate 30 Pro Diluncurkan di Indonesia)

Pesaing Asus ROG Phone II dan OnePlus 7T Pro

Di jajaran ponsel kelas atas, Realme X2 Pro memiliki kemiripan spesifikasi dengan Asus ROG Phone II dan OnePlus 7T Pro. Ketiga ponsel ini memiliki prosesor yang sama, yakni Snapdragon 855+. Namun, ada beberapa spesifikasi berbeda yang mereka miliki.

Berdasarkan data dari gsmarena.com, Asus ROG Phone II menjadi ponsel dengan penyimpanan terbesar di antara ketiga ponsel ini, yakni 1 TB. OnePlus 7T Pro memiliki besar penyimpanan yang sama dengan Realme X2 Pro. Ketiga ponsel ini juga tidak mendukung slot penyimpanan tambahan dari kartu memori.

Dari sisi kamera, resolusi kamera utama pada kamera belakang Realme X2 Pro paling besar dengan 64MP. Asus ROG Phone II yang menempatkan diri sebagai ponsel untuk bermain gim (gaming phone), dilengkapi dengan dua kamera belakang. Kamera utama dengan resolusi 48MP untuk wide camera dan kamera ultrawide dengan resolusi 13 MP. OnePlus 7T Pro memiliki 3 kamera, yakni kamera utama dengan resolusi 48 MP, kamera tele dengan resolusi 8MP dan 3x optical zoom, serta kamera ultrawide dengan resolusi 16 MP.

Kamera depan Asus ROG Phone II lebih baik daripada Realme X2 Pro dan OnePlus 7T Pro, yaitu dengan resolusi 24 MP sementara pesaingnya hanya 16 MP. Di sisi lain, OnePlus 7T Pro memiliki fitur pop up camera sehingga tidak mengganggu layar.

Untuk baterai, Asus ROG Phone II jauh unggul dibandingkan kedua pesaingnya. Dengan kapasitas baterai 6.000mAh, ponsel ini mengalahkan RealMe X2 Pro yang hanya memiliki kapasitas baterai 4.000mAh dan OnePlus 7T Pro dengan baterai 4.085 mAh

Adapun dari sisi harga, Realme X2 Pro merupakan yang termurah dibandingkan kedua pesaingnya. OnePlus 7T Pro adalah yang paling mahal yaitu US$ 637 atau Rp 8,9 juta. Asus ROG Phone II dijual dengan harga US$ 540 atau Rp7,6 juta.

(Baca: Aturan Disahkan, Ini Cara Cek IMEI dan Legalitas Ponsel Anda)

Penulis: Amelia Yesidora (Magang)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan