Tiongkok Pesimistis Capai Kesepakatan Dagang, Rupiah Melemah Tipis

Agatha Olivia Victoria
19 November 2019, 17:30
dolar as
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Ilustrasi. Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dolar Rate (Jisdor) hari ini menempatkan rupiah pada posisi Rp 14.091 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah pada perdagangan sore ini, Selasa (19/11) melemah 0,09% ke posisi Rp 14.090 per dolar Amerika Serikat (AS). Pelemahan rupiah seiring dengan pernyataan Tiongkok yang pesimistis terhadap kesepakatan dagang tahap pertama dengan AS.

Adapun kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dolar Rate (Jisdor) hari ini menempatkan rupiah pada posisi Rp 14.091 per dolar AS, melemah dari posisi kemarin Rp 14.075 per dolar AS.

Mengutip Bloomberg, mayoritas mata uang rupiah melemah terhadap dolar AS. Won Korea turun 0,29%, peso Filipina anjlok 0,37%, ringgit Malaysia lunglai 0,02%, ruppe India lesu 0,01%, dan baht Thailand melemah 0,03%. Hanya Yuan Tiongkok yang menguat 0,02%.

 (Baca: Harga Minyak Rendah & Rupiah Kuat, Realisasi Subsidi Energi Turun 16%)

Direktur PT Garuda Berjangka Ibrahim menjelaskan, pelemahan rupiah disebabkan oleh sejumlah sentimen eksternal. Salah satunya, pesimisme Tiongkok terhadap kesepakatan dagang dengan AS karena pernyataan Presiden AS Donald Trump bahwa tak ada kesepakatan untuk menghapus tarif.

Halaman:
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...