Gandeng Airy, Fore Coffee Ekspansi Seribu Gerai Baru

Penulis: Hari Widowati

20/11/2019, 15.12 WIB

Ekspansi ini akan membuat Fore Coffee menjadi jaringan kopi dengan jumlah gerai terbanyak di Indonesia.

Fore Coffee, Airy Indonesia, Fore buka gerai di lokasi Airy, kerja sama Fore dan Airy, East Ventures, Willson Cuaca, ekspansi Fore Coffee, berita terkini hari ini
KATADATA/HARI WIDOWATI
Fore Coffee bekerja sama dengan Airy Indonesia untuk membuka seribu gerai baru di seluruh nusantara.

Fore Coffee, jaringan kopi berbasis teknologi, menggandeng operator jaringan penyedia akomodasi Airy untuk menambah seribu gerai baru di seluruh Indonesia. Ekspansi ini akan membuat Fore Coffee menjadi jaringan kopi dengan jumlah gerai terbanyak di Indonesia.

"Jaringan kopi terbesar di Indonesia saat ini memiliki 400-500 gerai. Nantinya, Fore bisa menjadi yang terbesar di Indonesia," ujar Co-founder dan Managing Partner East Ventures, Willson Cuaca, dalam konferensi pers, di Jakarta, Rabu (20/11). East Ventures adalah investor Fore Coffee.

Jaringan gerai kopi yang bakal dikalahkan Fore adalah Starbucks Indonesia yang merupakan waralaba dari Amerika Serikat (AS). Pemegang merek Starbucks Indonesia adalah PT MAP Boga Tbk, anak usaha dari PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP). Berdasarkan laporan tahunan perusahaan, Starbucks Indonesia memiliki lebih dari 370 gerai yang tersebar di 31 kota di Indonesia per 31 Desember 2018.

Kerja sama antara Fore Coffee dan Airy dilatarbelakangi kebutuhan konsumen Airy untuk mendapatkan sarapan dan kopi dengan rasa yang lebih enak saat mereka menginap. "Kami melihat peluang dari tamu Airy yang membutuhkan sarapan dan minuman, salah satunya kopi. Kalau dikasih (kopi) sachet-an kan kurang enak," kata Chief Executive Officer (CEO) Airy Indonesia Danny Handoko.

Kemudian, ia bertemu dengan Willson dan Co-founder serta Chief Operating Officer (COO) Fore Coffee, Elisa Suteja untuk mendiskusikan kerja sama antara kedua perusahaan. Elisa mengatakan, kerja sama ini merupakan wujud dari sinergi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. "Kami bekerja sama dengan banyak mitra. Dengan dukungan Airy, ekspansi kami akan lebih banyak lagi," tuturnya.

(Baca: Modal Ventura Gencar Investasi di Kedai Kopi Indonesia)

Buka 50 Gerai pada Tahap Awal

Bisnis Fore Coffee yang diawali dengan satu gerai pada Agustus 2018 itu kini telah mencapai 100 gerai. Pada tahap awal dalam kerja sama dengan Airy, Fore akan membuka 50 gerai di berbagai lokasi Airy, bukan hanya di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Gerai pertama yang dibuka Fore berlokasi di Airy Eco Fatmawati, Jakarta Selatan.

Gerai-gerai Fore Coffee yang dibuka di lokasi-lokasi Airy bukan hanya melayani tamu Airy. Masyarakat di sekitar lokasi gerai tersebut juga bisa menikmati kopi buatan Fore Coffee yang menggunakan kopi Arabika lokal. Menurut Elisa, ia juga akan mendaftarkan gerai-gerai tersebut ke dalam layanan pengantaran makanan (food delivery), seperti Go-food dan Grab-food. 

Willson menyebut kolaborasi Airy dan Fore menawarkan cita rasa lokal. "Airy adalah jaringan hotel yang sangat baik. Fore juga jaringan kopi terbaik. Ini waktu yang tepat untuk ride the wave of technology," ujarnya.

Willson mengatakan, East Ventures akan terus memberikan dukungan pendanaan bagi ekspansi Fore Coffee ke depan. Namun, ia tidak menyebutkan berapa besaran dana yang disiapkan untuk tambahan pendanaan tersebut. "Nanti kalau sudah diumumkan juga kalian akan tahu," ujarnya. Menurut catatan Katadata.co.id, Fore Coffee mendapatkan pendanaan US$ 8,5 juta atau Rp 127 miliar dari East Ventures pada 31 Januari 2019.

(Baca: Fore Coffee Targetkan Buka 100 Gerai hingga Juni 2019)

 

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan