Kerap Kalah Rebutan Proyek, Pengusaha Ajak BUMN Gabung Kadin

Rizky Alika
22 November 2019, 07:43
BUMN, BUMN gabung Kadin, pengusaha
Antara
Wakil Ketua Kadin Bidang Hubungan Internasional Shinta Kamdani (keempat dari kanan) akan mengajak seluruh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk bergabung Kadin. Ini agar tak ada jarak antara BUMN dan swasta dalam menggarap proyek pemerintah.

Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Kadin akan mengajak seluruh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk bergabung. Wakil Ketua Kadin Bidang Hubungan Internasional Shinta Kamdani berharap masuknya BUMN dapat menghilangkan jarak antara perusahaan pemerintah dan swasta.

Shinta mengatakan selama ini sektor swasta belum mendapatkan peluang yang sama dalam suatu proyek pemerintah. Sebab, ada sejumlah proyek yang tidak melibatkan swasta lantaran kalah oleh perusahaan pelat merah.

Makanya ia menganggap perlunya mekanisme kemitraan yang kuat antara BUMN dan anggota Kadin lain. “Minggu depan kami akan menyatakan semua BUMN harus menjadi anggota Kadin," kata dia dalam US-Indonesia Investment Summit di Jakarta, Kamis (21/11).

(Baca: Kadin Sebut Chandra Hamzah Kandidat Terbaik untuk Pimpin BUMN)

Shinta berharap dengan sama-sama menjadi anggota Kadin, maka keadilan dalam mendapatkan proyek pemerintah akan terwujud. Salah satunya melalui transparansi dalam penawaran proyek.

"Kami ingin cara yang adil untuk memperoleh proyek. Tapi kami tidak ingin ada prioritas khusus untuk swasta," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...