Aplikasi Urundata Ajak Warga Berbagi Data untuk Pemetaan Lingkungan

Image title
27 November 2019, 12:18
aplikasi urundata ajak masyarakat berbagi data untuk memulihkan hutan dan memetakan lingkungan
urundata.id
Ilustrasi aplikasi urundata.

Konsorsium RESTORE+ meluncurkan aplikasi urundata, yang memungkinkan masyarakat berbagi data untuk memetakan lingkungan. Hal ini mendorong warga Indonesia untuk memahami kondisi sekitar dan ikut memulihkan hutan.

“Data yang ada bisa digunakan untuk opsi kebijakan restorasi berdasarkan konsorsium scientific dan empowerment,” kata Peneliti International Institute for Applied Systems Analysis (IIASA) Ping Yowargana di Jakarta, Selasa (26/11). Ia memastikan bahwa data yang diperoleh sahih.

Saat ini, ada 1.146 pengguna Urundata dengan 692 sebagai kontributor. Aplikasi tersebut juga sudah menginterpretasikan 2,3 juta data.

Aplikasi Urundata pun telah mengadakan 18 kampanye berbagi data terkait lahan di Kalimantan Timur (Kaltim) dan Sumatra Selatan (Sumsel). Data yang dihasilkan tentang perubahan tutupan lahan lintas provinsi.

(Baca: Bos Gojek: Teknologi Digital dapat Atasi Akses Pendidikan & Kesehatan)

Tutupan lahan adalah kondisi fisik materi yang ada di atas sebidang lahan yang dapat diamati secara langsung dengan mata manusia maupun melalui berbagai citra. Hal ini dibagi menjadi berbagai jenis kelas seperti pertanian, hutan tanaman maupun hutan alam.

Hasil urunan data klasifikasi ahan kebun pohon dan hutan buatan dari masyarakat digabungkan dengan hasil lainnya untuk menyusun peta tutupan lahan Kaltim. Data ini digunakan untuk membantu proses perencanaan, pengembangan, dan pemantauan tata kelola wilayah, termasuk kawasan hutan produksi dan Area Penggunaan Lain (APL). 

Data yang diperoleh baru terkait lahan Kaltim dan Sumsel, karena RESTORE+ aktif berkegiatan di wilayah ini. Selain itu, karakter restorasi lahan baik di kedua wilayah ini beragam, dengan konservasi, perkebunan hingga gambut yang luas.

Halaman:
Reporter: Yosepha Pusparisa
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...