Jokowi Ingin Indonesia Mencontoh Tom Hanks di Film Cast Away

Dimas Jarot Bayu
29 November 2019, 06:22
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato usai menerima penghargaan Indonesian Mining Association (IMA) Award 2019 di Jakarta, Rabu (20/11/2019). Penghargaan Tertinggi di Bidang Pertambangan diberikan kepada Presiden atas dukungannya terhadap seluruh perta
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Presiden Joko Widodo menyebut Indonesia dapat mengambil tiga nilai dari film Cast Away yang diperankan Tom Hanks dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi global.

Presiden Joko Widodo menilai saat ini tengah terjadi ketidakpastian ekonomi global yang bisa berdampak buruk ke Indonesia. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Indonesia perlu menerapkan tiga nilai yang bisa diadaptasi dari film Cast Away yang diperankan Tom Hanks.

Film Cast Away bercerita mengenai Chuck Noland yang terdampar sendirian di pulau tak berpenghuni akibat pesawat yang ditumpanginya jatuh. Ia pun bertahan hidup hingga empat tahun di pulau tersebut.

Advertisement

“Ada tiga nilai yang dapat dijadikan acuan agar tetap eksis di tengah ketidakpastian global. Ini saya melihat tiga nilai bisa kita adaptasi dari film Cast Away. Ini aktornya masih saudara saya, Tom Hanks,” kelakar Jokowi di Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2019 di Raffles Hotel, Jakarta, Kamis (28/11).

(Baca: Terjebak Macet saat ke Acara BI, Jokowi: Itulah Kenapa Ibu Kota Pindah)

Pertama, kemampuan bertahan di tengah kesulitan yang menimpa.  Saat ini, Indonesia sudah mampu menujukkan dengan pertumbuhan ekonomi nasional yang masih bertahan di kisaran 5%.

Menurut Jokowi, banyak negara lain yang pertumbuhan ekonominya harus melambat akibat ketidakpastian ekonomi global. Bahkan, ada negara yang pertumbuhan ekonominya menjadi negatif.

“Kita tunjukkan kita mampu bertahan di tengah kesulitan,” kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement