Menyoal Rencana Integrasi yang Membuat Facebook dan Instagram Down

Pingit Aria
29 November 2019, 16:07
Seorang perempuan menunggu lift di kantor Facebook, London, Inggris, (4/12)
ANTARA FOTO/REUTERS/Toby Melville
Seorang perempuan menunggu lift di kantor Facebook, London, Inggris, (4/12)

Facebook dan Instagram down pada Kamis (28/11) malam. Ini bukan kali pertama platform media sosial dari keluarga Facebook mengalami gangguan. Sepanjang tahun ini, telah berkali-kali Instagram terganggu, baik sendiri, maupun bersamaan dengan jejaring sosial lain.

Pada awal November 2019 lalu misalnya, giliran Instagram dan WhatsApp yang eror bersamaan. Insiden yang lebih buruk terjadi pada 3 Juli, 14 April dan pertengahan Maret 2019 saat Instagram, Facebook dan WhatsApp sama-sama tumbang.

Advertisement

Perihal gangguan yang terjadi malam tadi, kepada The Verge, Facebook menyatakan bahwa ada software yang bermasalah di pusat jaringan perangkat lunaknya. Setelah sekitar enam jam, akhirnya layanan Facebook dan Instagram pulih pada Jumat (29/11) dini hari. "Kami kembali ke 100 persen untuk semua orang," demikian pengumuman Instagram.

(Baca: Facebook dan Instagram Eror Kamis Malam)

Seringnya gangguan terjadi pada jejaring sosial ini terjadi sejak perusahaan berencana mengintegrasikan Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Facebook Messenger.

Pada awal 2019 lalu, Chief Executive Officer (CEO) Facebook Mark Zuckerberg memang telah mengumumkan rencana integrasi layanan pengiriman pesan di WhatsApp, Instagram Direct, dan Facebook Messenger.

Tujuan dari penggabungan ketiga aplikasi tersebut adalah untuk membuat situs jejaring sosial yang lebih terhubung. Di bawah infrastruktur yang baru, pengguna Facebook, Whatsapp dan Instagram bakal dapat saling berkirim pesan lintas platform.

"Kami ingin memberi pilihan bagi pengguna untuk dapat terhubung dengan keluarga atau kolega mereka dengan aplikasi manapun yang mereka pilih,” kata Zuckerberg melalui unggahannya di Facebook, Rabu (7/3).

Zuckerberg berharap, pengguna Facebook, Whatsapp, dan Instagram akan merasa lebih aman menggunakan berbagai fiturnya. Mereka juga diharapkan bisa membangun lebih banyak cara untuk berinteraksi melalui panggilan, obrolan video, grup, bisnis, pembayaran, perdagangan, dan lainnya.

(Baca: Pertegas Posisi, Facebook Ganti Logo Perusahaan dengan GIF Warna-Warni)

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement