Facebook dan Instagram Eror Kamis Malam

Penulis: Desy Setyowati

29/11/2019, 08.49 WIB

Pengguna di AS, sebagian Eropa dan Asia mengeluh Instagram dan Facebook eror.

pengguna di as, sebagian eropa dan asia mengeluh facebook dan instagram eror
Katadata
Ilustrasi media sosial

Platfom Facebook dan Instagram kembali eror pada Kamis (28/11) malam. Berdasarkan situs DownDetector, kedua media sosial itu tidak dapat digunakan di Amerika Serikat (AS), sebagian Eropa dan Asia.

Berdasarkan situs DownDetector, Facebook eror pada pukul 8.57 PM hingga 2.27 AM waktu AS. Pengguna yang mengeluh tidak dapat menggunakan media sosial itu di AS, sebagian Eropa, Jepang, Filipina, Singapura, dan Malaysia.

Lalu, pengguna yang mengeluh Instagram eror di AS, Uruguay, Paraguay, sebagian besar Eropa, dan Jepang. Keluhan terjadi pada 8.47 PM hingga 1.02 AM waktu AS. Setidaknya ada sekitar 8 ribu keluhan di DownDetector.

Padahal, pada malam tadi warga di AS mayoritas membagikan unggahan terkait Thanksgiving. Facebook Inc mengatakan sedang berupaya untuk persoalan tersebut.

(Baca: Twitter Ramai Keluhan Soal Telkomsel, WhatsApp dan Instagram Eror)

Perusahaan asal AS itu mengatakan, ada masalah pada sistem perangkat lunak pusat yang memicu platform Facebook dan Instagram eror. "Kami dengan cepat menyelidiki, mulai memulihkan akses, dan kami sekarang memantau pemulihan penuh," kata Juru Bicara Facebook dalam pernyataan resmi dikutip dari CNBC Internasional, Jumat (29/11).

Hal senada disampaikan oleh Instagram. “#InstagramDown, ”kata Tim Administrasi Instagram melalui akun resminya di Twitter.

Beberapa pengguna melaporkan, tidak dapat mengunggah gambar dan video di Instagram dan Facebook. Selain itu muncul pengumuman, ‘Facebook Akan Segera Kembali’ pada bagian login di platform.

(Baca: Warganet Mengeluh Twitter dan TweetDeck Down Sejak Siang Hari Ini)

Pada awal November lalu, WhatsApp dan Instagram juga eror di Indonesia. Berdasarkan situs Trends24, setidaknya ada da 2,2 ribu unggahan menggunakan tagar #InstagramDown saat itu.

Berdasarkan situs Downdetector, WhatsApp eror sejak pukul 17.00 PM EDT atau sekitar 05.00 WIB pada 5 November. Gangguan terjadi di banyak negara, mulai dari AS, Eropa hingga Indonesia.

Sedangkan Instagram juga mengalami gangguan sejak 17.00 PM EDT atau sekitar 05.00 WIB di banyak negara. Bahkan, kedua media sosial ini sempat eror ada 31 Oktober di beberapa negara.

Kondisi seperti ini sudah terjadi beberapa kali. Utamanya, setelah perusahaan berencana mengintegrasikan Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Facebook Messenger.

(Baca: Facebook, Instagram, Whatsapp Sempat Alami Gangguan Berjam-jam)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan