Sri Mulyani Sindir Artis Pamer Harta Kekayaan Tapi Tak Bayar Pajak

Penulis: Agatha Olivia Victoria

Editor: Desy Setyowati

3/12/2019, 12.01 WIB

Artis Barbie Kumalasari hingga Nikita Mirzani pamer saldo rekening miliaran rupiah. Sri Mulyani berharap mereka bayar pajak.

Artis Barbie Kumalasari hingga Nikita Mirzani pamer saldo rekening miliaran rupiah. Menteri Keuangan Sri Mulyani berharap mereka bayar pajak.
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Ilustrasi, petugas mengitung uang rupiah di salah satu gerai penukaran uang asing di Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Belakangan aksi pamer saldo rekening menjadi tren di kalangan selebritas. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pun mengaku heran dengan kelakuan para artis tersebut dan berharap mereka membayar pajak.

"Kalau orang mau gaya begitu ya jangan tanggung-tanggung, kaya beneran begitu, yang bayar pajaknya juga beneran," kata Sri Mulyani saat menjadi pembicara kunci (keynote speaker) pada acara peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia di Gedung Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (3/12).

Sri Mulyani mengatakan, saat ini masih banyak masyarakat Indonesia yang memiliki harta berlebih namun tak memenuhi kewajibannya kepada negara. Padahal, seharusnya warga negara yang baik membayar pajak.

"Jadi, saat Anda pamer, kami juga senang. Wah ini memang kaya beneran. Kalau dia pamer, dia kaya, tapi tidak bayar pajak kan kami jadi tidak senang. Apalagi pamernya di media sosial," kata dia.

(Baca: Ditjen Pajak Intip Rekening Youtuber Bersaldo di Atas Rp 1 Miliar)

Sebelumnya, Direktorat Jenderal (Dirjen) Pajak juga menegaskan bakal mengawasi rekening para youtuber dan selebgram yang memiliki saldo di atas Rp 1 miliar. Para pekerja kreatif ini diharapkan patuh membayar pajak. 

"Kami bisa memanfaatkan akses informasi untuk mengawasi rekening mereka. Kami tahu isinya," kata Dirjen Pajak Suryo Utomo di Jakarta, Senin  (25/11) lalu. 

Suryo mengatakan, youtuber dan selebgram sudah menjadi mata pencaharian. Oleh karena itu, mereka wajib membayar pajak sepanjang pendapatannya melebihi Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP). "Kalau penghasilan di atas PTKP, maka berkewajiban membayarkan Pajak Penghasilan (PPh) secara self assesment," kata dia. 

Saat ini, PTKP untuk pekerja tidak kawin ditetapkan Rp 54 juta. Kawin belum memiliki anak Rp 58,5 juta, kawin dengan satu anak Rp 63 juta, dan kawin dengan dua anak Rp 67,5 juta.

(Baca: Memungut Pajak Selebgram & Youtuber )

Suryo menegaskan, Dirjen Pajak bakal menindak wajib pajak yang tidak patuh. Namun, instansinya bakal melakukan pendekatan persuasif atau teguran terlebih dahulu sebelum menindak keras.

Tren artis pamer saldo bermula ketika Surya Utama atau dikenal dengan Uya Kuya menantang beberapa selebritas menunjukkan harta kekayaannya. Kumala Sari Mukhlisah atau Barbie Kumalasari mengajak Uya Kuya ke Anjungan Tunai Mandiri (ATM) guna melihat saldo rekeningnya.

Kartu debit pertama menunjukkan saldo Rp 1,63 miliar. Lalu yang kedua senilai Rp 1,52 miliar. Maka total kekayaan Kumalasari sebagaimana tertera di kedua rekening itu Rp 3,15 miliar.

Raffi Ahmad juga ikut memamerkan saldo rekeningnya di hadapan Uya Kuya. Kartu debit pertama berisi Rp 131 juta, dan yang kedua Rp 43 juta. Lalu Nikita Mirzani memiliki uang Rp 1,37 miliar di rekeningnya.

Tak mau kalah, Ria Ricis juga pamer saldo rekening. Youtuber tersebut memiliki saldo Rp 1,8 miliar.  (Baca: Kasus Mobil Mewah Raffi Ahmad, Artis Berkilah Kurang Paham Pajak)

Reporter: Agatha Olivia Victoria

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan