Dua Konsorsium Bersaing Dapatkan Kontrak Pengembangan Kilang Balongan

Image title
4 Desember 2019, 12:04
kilang balongan, kontrak pengembangan kilang, pertamina
Katadata
Kilang Balongan. Dua konsorsium akan bersaing memperebutkan kontrak pengembangan Kilang Balongan.

Pertamina baru saja menandatangani kontrak pengadaan Dual Feed Competition (DFC) Refinery Development Master Plan (RDMP) Refinery Unit (RU) VI kilang Balongan Phase I dengan Konsorsium RRE dan Konsorsium JSW di Kantor Pusat Pertamina pada Selasa (3/12).

Adapun Dual FEED Competition merupakan strategi kontrak yang menandingkan dua atau lebih praktik Front End Engineering Design atau FEED dimana nantinya kontrak Engineering Procurement, dan Construction (EPC) proyek RDMP RU VI Balongan Phase 1 akan diberikan kepada pemenang FEED tersebut.

Penandatangan dilakukan oleh Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Ignatius Tallulembang bersama Direktur dari Konsorsium RRE dan Konsorsium JSW yang akan memperebutkan kontrak tersebut. Turut menyaksikan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama.

(Baca: Menko Luhut Minta Pembangunan Megaproyek Kilang Pertamina Dipercepat)

"Dengan skema ini RDMP RU VI Balongan phase 1 bisa selesai lebih cepat yaitu menjadi 2,5 tahun. Kita yakini bisa memberikan performance yang baik," kata Nicke seperti berdasarkan keterangan tertulis, Rabu (4/12).

Adapun Konsorsium REE terdiri dari PT Rekayasa Industri, PT Rekayasa Engineering, dan PT Enviromate Technology International. Sementara konsorsium JSW di antaranya JGC Indonesia, PT Synergy Engineering, dan PT Wijaya Karya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...