Transaksi 11.11 Melambat, Asosiasi e-Commerce Ragukan Data Criteo
Riset dari perusahaan teknologi pemasaran niaga Criteo mengungkapkan, pertumbuhan penjualan pada ajang diskon online 11.11 tahun ini melambat dibandingkan tahun sebelumnya.
Meski demikian, asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) mempertanyakan kejelasan data yang digunakan Criteo. Pasalnya lonjakan transaksi harian pada ajang 11.11 tahun ini masih mencapai 170% dibandingkan hari biasanya. Sedangkan tahun lalu mencapai 174%.
"Selisihnya hanya 4%. Belum bisa dibilang melambat. Karena tiap data tetap ada margin error-nya juga," ujar Ketua IdEA Ignatius Untung pada Kamis (5/12).
Selain itu, sejauh ini pemain e-commerce tidak ada yang mengeluhkan pelambatan jumlah transaksi pada Harbolnas 11.11 tahun ini. Ignatius mengatakan bahwa meski data Criteo menunjukan pelambatan, namun tiap-tiap e-commerce tidak menemui kendala yang berarti dalam penjualannya.
(Baca: Asosiasi E-Commerce Khawatir Pedagang Online Wajib Berizin Usaha)
Apalagi data Criteo menunjukkan jumlah kunjungan pada platform e-commerce di 11.11 tahun ini naik hingga 113% dibandingkan hari biasa. Sedangkan tahun lalu peningkatan jumlah kunjungan ajang ini hanya mencapai 37%.
Lonjakan jumlah kunjungan ini terjadi berkat inovasi yang dilakukan e-commerce untuk menarik kunjungan seperti gim online dan live streaming. "Orang yang masuk sekali, jadi masuk berkali-kali. Begitu pun orang yang sebelumnya tidak masuk, ketika lihat, eh ada yang menarik, jadi masuk," kata Ignatius.