Komisaris Utama Akan Tunjuk Pengganti Sementara Dirut Garuda Hari Ini

Image title
6 Desember 2019, 11:15
BUMN, Erick Thohir, Garuda Indonesia, Dirut Garuda, Ari Askhara, Kementerian BUMN, Harley Davidson, Brompton, penyelundupan, Menteri Perhubungan,
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi, seorang tenaga teknik PT Garuda Maintenance Facility (GMF) melintas disamping pesawat Garuda Indonesia Explore di Hangar GMF,  Tanggerang, Banten (2/3).

Komisaris Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Sahala Lumban Gaol akan menunjuk Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama (Dirut) dalam Rapat Dewan Komisaris, hari ini. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Direktur Keuangan Fuad Rizal akan menjadi pengganti sementara Dirut Garuda.

Namun, Sahala enggan mengonfirmasi kebenaran Fuad menjadi pengganti Ari Askhara. "Hari ini kami akan mengadakan rapat dewan komisaris untuk menunjuk Plt. Sudah ada, hanya perlu ditandatangani," kata Sahala di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (6/12). "Nanti lihat saja keputusannya."

Pertemuan itu juga untuk mempersiapkan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) guna mengangkat Direktur Utama Garuda secara definitif. Karena itu, jajaran Direksi Garuda saat ini diminta untuk mendaftarkan agenda RUPSLB.

(Baca: Menhub Sebut Direktur Keuangan Fuad Rizal Jadi Plt Dirut Garuda )

Katadata.co.id pun menghubungi Fuad Rizal melalui WhatsApp. Namun, ia juga enggan mengonfirmasi isu dirinya bakal menjadi Plt Dirut Garuda. "Belum tahu. Saya masih meeting di luar," kata dia.

Budi Karya Sumadi menyebut Fuad Rizal akan menggantikan Ari Askhara yang dipecat karena diduga terlibat dalam penyelundupan onderdil Harley Davidson dan sepeda Brompton melalui pesawat baru. "Sudah saya konfirmasi plt dirut adalah direktur keuangan," kata Budi di Jakarta, Jumat pagi.

Penunjukan Plt Dirut Garuda ini dilakukan setelah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memecat Ari Askhara. Ari diduga terlibat dalam penyelundupan onderdil Harley Davidson dan sepeda Brompton melalui pesawat baru.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...