Suksesi CEO Bukalapak, Achmad Zaky Digantikan Mantan Direktur Bukopin

Penulis: Desy Setyowati

Editor: Yura Syahrul

9/12/2019, 16.30 WIB

Kabar suksesi di Bukalapak berhembus sejak Agustus lalu. Kini, Bukalapak resmi menunjuk Rachmat sebagai pengganti Achmad Zaky.

Bukalapak menunjuk mantan Direktur Bank Bukopin Rachmad Kaimuddin sebagai CEO, menggantikan Achmad Zaky.
Donang Wahyu|KATADATA
Ilustrasi, CEO Bukalapak, Achmad Zaky.

Suksesi di pucuk pimpinan Bukalapak akhirnya berjalan. Chief Executive Officer (CEO) Achmad Zaky digantikan oleh Muhammad Rachmat Kaimuddin, yang sebelumnya Direktur Keuangan dan Perencanaan Bank Bukopin. Pergantian bos unicorn marketplace ini efektif berlaku pada 6 Januari tahun depan. 

Selanjutnya, Zaky yang merupakan salah satu pendiri unicorn tersebut fokus sebagai Penasihat Bukalapak, Tech Startup Mentor. Selain itu, Ketua Yayasan Achmad Zaky yang akan segera didirikan.

Suksesi ini merupakan kelanjutan dari rencana jangka panjang Bukalapak memasuki dekade kedua dan dalam rangka membangun bisnis e-commerce yang berkelanjutan (sustainable). Zaky mengatakan, ia bersama pendiri lainnya memulai Bukalapak dengan tujuan menciptakan dampak positif bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). 

“Sekarang, kami mengajak Rachmat bergabung karena kepemimpinannya bisa mengarahkan Bukalapak ke tingkat yang lebih hebat lagi,” katanya dalam siaran pers yang diterima Katadata.co.id, Senin (9/12).

(Baca: Suksesi Bukalapak, CEO Achmad Zaky Disebut Akan Diganti Fajrin Rasyid)

Katadata.co.id sempat memberitakan bahwa posisi Achmad Zaky bakal digantikan pada akhir tahun ini. “Informasi tersebut sudah disampaikan kepada kalangan terbatas yang terkait Bukalapak,” kata seorang sumber yang mendapat informasi tersebut, pada Agustus lalu (20/8).

Dengan perubahan ini, komposisi C-Suite baru Bukalapak terdiri dari Rachmat Kaimuddin sebagai CEO dan Fajrin Rasyid di posisi Presiden dan Co-Founder. Lalu, ada Nugroho Herucahyono sebagai Chief Technical Officer (CTO) dan Co-Founder, Willix Halim menjabat Chief Operating Officer, serta Natalia Firmansyah menduduki jabatan Chief Financial Officer.

Sedangkan posisi Chief Strategy Officer ditempati oleh Teddy Oetomo dan Bagus Harimawan sebagai Chief of Talent. “Saya memiliki kepercayaan tinggi bahwa senior saya, Rachmat, dapat melanjutkan nilai dan kejayaan Bukalapak dengan manajemen talenta dan aset yang lebih baik lagi,” kata Fajrin.

Di bawah kepemimpinan baru, perusahaan akan berfokus pada isu-isu yang berkaitan dengan talenta, modal, dan manajemen keuangan. Selain itu, memperkuat peran Bukalapak dalam mendukung UMKM Indonesia.

(Baca: Kabar Pergantian CEO, Begini Tanggapan Bukalapak)

Zaky menilai Rachmat merupakan orang yang tepat untuk memimpin Bukalapak. “Saya percaya dia orang yang tepat, bagian dari tim yang tepat, di posisi yang tepat, dan datang pada waktu yang tepat,” ujar dia.

Kini, Zaky bakal berfokus memperkokoh ekosistem teknologi di Tanah Air, khususnya bidang sains dan edukasi, pengembangan kewirausahaan, impact investment, dan penelitian melalui Yayasan Achmad Zaky. “Saya percaya bahwa manusia tidak boleh cepat puas atas capaiannya. Sekarang waktunya untuk menciptakan dampak lebih luas lagi,” katanya.

Sedangkan Rachmat berharap bisa membuat perubahan positif bagi negara dan membantu Bukalapak supaya bisa berdampak lebih luas lagi di Indonesia. “Saya terharu dan bangga mendapat kepercayaan dari para Pendiri Bukalapak untuk melanjutkan peran Mas Zaky dan menjadi bagian dari proses pertumbuhan perusahaan ke tahap selanjutnya,” kata dia.

Saat ini, Bukalapak menggaet lebih dari lima juta UMKM di seluruh Indonesia. Perusahaan juga menggaet 2,5 juta toko kelontong dan agen individual. Startup berstatus unicorn ini memang mulai mempertajam fokus pada strategi jangka panjang supaya tumbuh berkelanjutan. Karena itu, jajaran C-Level Bukalapak bakal berfokus menjalankan perusahaan secara jangka panjang.

(Baca: Tanggapi Kabar PHK Karyawan, Bukalapak: Bagian dari Strategi Bisnis)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan