Ada Mitra Baru, Target Harbolnas 2019 Melejit Jadi Rp 8 Triliun

Cindy Mutia Annur
10 Desember 2019, 07:15
Harbolnas 2019, e-commerce, target harbolnas
Agung Samosir|KATADATA
Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) menargetkan transaksi Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2019 mencapai Rp 8 triliun, naik 17 % dari tahun lalu

Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) menargetkan transaksi Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2019 mencapai Rp 8 triliun, naik 17 % dari tahun lalu. Naiknya target capaian tahun ini karena ada mitra baru dan metode pembayaran meluas.

Ketua idEA Ignatius Untung mengatakan, tahun ini Harbolnas akan menggandeng LinkAja untuk pertama kalinya. Karena itu kenaikan bakal datang dari platform pembayaran yang umumnya memberikan sejumlah penawaran diskon kepada konsumen.

Advertisement

“Pertumbuhan akan datang dari payment karena mereka yang memberi insentif bagi konsumen untuk bisa belanja lebih,” kata Ignatius di Jakarta hari Senin (9/12).

(Baca: Lazada, Bukalapak, Shopee dan GoPay Beri Diskon Harbolnas hingga 99%)

Selanjutnya, asosiasi juga optimis dengan target tercapai karena munculnya merchant baru seperti Tani Hub, Brambang.com, dan Sayur Box. Mereka akan jadi alternatif bagi konsumen yang ingin berbelanja komoditas lokal.

"Satu hal yang sudah pasti, produk lokal yang pasti 'kuat' itu sebenarnya hasil bumi. Makanya tahun ini kami mulai masuk ke situ,” ujar Ignatius.

Selain itu, Harbolnas tahun ini tak hanya mencatat transaksi lewat e-commerce sebagai belanja online. Konsumen yang berbelanja offline dengan pembayaran elektronik juga akan dihitung telah berpartisipasi dalam Harbolnas 2019.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement