Khawatir Perang Dagang Memanas, IHSG dan Bursa Asia Berguguran

Happy Fajrian
10 Desember 2019, 18:03
ihsg turun, ihsg hari ini, perang dagang
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Indeks harga saham gabungan (IHSG) terkoreksi 0,17% ke level 6.183,51. Investor masih berhati-hati terhadap potensi eskalasi perang dagang dengan rencana kenaikan tarif 15 Desember.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) gagal melanjutkan tren positifnya setelah tiga hari perdagangan sebelumnya mengalami kenaikan. Hari ini, Selasa (10/12), IHSG turun 10,29 poin atau 0,17% ke level 6.183,51.

Kinerja IHSG sejalan dengan bursa saham Asia lainnya yang mayoritas menutup perdagangan dengan koreksi, di antaranya indeks Strait Times turun 0,53%, Hang Seng turun 0,22%, dan Nikkei turun 0,09%. Hanya indeks Shanghai dan Kospi yang positif, masing-masing naik 0,10% dan 0,45%.

Kinerja bursa Asia dan IHSG hari ini dipengaruhi oleh sikap investor yang berhati-hati seiring potensi tereskalasinya perang dagang Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok dengan rencana kenaikan tarif dagang AS pada 15 Desember mendatang.

"Ada kekhawatiran dari pelaku pasar global terkait kebijakan Presiden AS Donald Trump dalam penerapan kenaikan tarif impor terhadap produk-produk Tiongkok per 15 Desember," kata analis Binaartha Sekuritas M Nafan Aji Gusta di Jakarta, seperti dilansir dari Antara.

(Baca: IHSG Berpotensi Melemah Tunggu Pertemuan The Fed)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...