SKK Migas Kumpulkan Kontraktor Bahas Target Produksi 1 Juta Barel

Image title
10 Desember 2019, 10:56
SKK Migas, komtraktor migas,produksi migas
KATADATA
Ilustrasi kegiatan hulu migas lepas pantai. SKK Migas mengumpulkan kontraktor dan pemangku kepentingan lain industri hulu migas di Bandung dari tanggal 9 hingga 11 Desember 2019. Pertemuan itu guna mengejar target produksi migas 1 juta barel per hari pada tahun 2031.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengumpulkan seluruh pemangku kepentingan industri hulu migas di Bandung dari tanggal 9 hingga 11 Desember 2019. Pertemuan itu guna mengejar target produksi migas 1 juta barel minyak per hari pada tahun 2031.

Selain Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) eksplorasi dan eksploitasi, acara tersebut juga dihadiri ahli kebumian, universitas, organisasi profesi, dan pihak lainnya.

Advertisement

Deputi Perencanaan SKK Migas Jaffee Suardin mengatakan potensi migas di Indonesia masih besar. Makanya kerja sama semua pihak penting lantaran masih ada penemuan cadangan migas yang belum dikembangkan sebesar 1,7 miliar barel minyak dan 27 triliun kaki kubik (Tcf) gas.

 “SKK Migas siap mengawal investasi yang masuk,” kata Jaffee berdasarkan keterangan tertulis SKK Migas, Senin (9/12).

(Baca: Pertamina EP Ungkap Progres Pengeboran Tiga Sumur Eksplorasi)

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto menyampaikan untuk memgejar target tersebut pihaknya akan menerapkan lima aspek transformasi.  Lima perubahan itu adalah, Clear Vision, Smart Organization, One Door Policy, Commercialization dan Digitalization.

Forum juga membahas upaya yang dilakukan untuk mengendalikan cost recovery migas di Indonesia. Ini menjadi menjadi langkah awal dalam menyusun strategi eksplorasi dan eksploitasi untuk mencapai target produksi satu juta barel.

SKK Migas juga menyiapkan empat langkah jangka panjang yang akan dilakukan untuk memacu produksi. Rencana tersebut adalah memaksimalkan potensi reservoir dan produksi yang ada, transformasi resources menjadi reserves, implementasi kegiatan enhance oil recovery (EOR), dan meningkatkan kegiatan eksplorasi.

(Baca: SKK Migas Targetkan Empat Proyek Migas Rampung Akhir Desember)

Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement